Minggu, 23 Oktober 2016

Masjid Agung Nur Arafah Prabumulih

Gapura Masjid Agung Nurul Arafah Kota Prabumulih

Masjid Agung Nurul Arafah adalah Masjid Agung di Kota Prabumulih provinsi Sumatera Selatan. Pada awalnya masjid ini merupakan salah satu dari 30 masjid yang dibangun oleh Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila (YAMP) di wilayah provinsi Sumatera Selatan pada tahun 1997. 

Kemudian di tahun 2015 masjid ini direhabilitasi oleh pemerintah kota Prabumulih atas perintah dari Walikota Ir H Ridho Yahya MM, bersamaan dengan rehabilitasi terhadap gedung MUI Kota Prabumulih dan Baznas Prabumulih yang berada di komplek masjid ini. Sejak itu status masjid ini ditingkatkan menjadi Masjid Agung bagi kota Prabumulih.



Masjid ini merupakan masjid terbesar kedua di Kota Prabumulih setelah masjid di Komplek Islamic Center di Jalan Lingkar. namun berbeda dengan Islamic Center yang berada jauh dari pemukiman penduduk, Masjid Agung Nurul Arofah ini justru berada di Jalan Jendral Sudirman di pusat kota Prabumulih, tak jauh dari pasar di pusat kota nanas tersebut.

Seperti masjid agung di kota kota lainnya di Indonesia, selama bulan suci Ramadhan Masjid Agung Nurul Arafah kota Prabumulih ini juga menyediakan tajil bagi para Jemaah temasuk juga nasi kotak untuk berbuka bagi mereka yang sedang berada di masjid tersebut pada saat tiba waktu berbuka puasa. ***

Masjid Agung Nurul Arafah Kota Prabumulih