Sabtu, 04 Agustus 2012

Masjid Jami At-Taqwa Pebayuran

Masjid Jami' At-Taqwa Pebayuran, Kabupaten Bekasi

Seperti ditulis dengan jelas di papan nama di gerbangnya masjid ini bernama Masjid Jami’ At-Taqwa, berada di tengah desa Pebayuran di kecamatan dengan nama yang sama, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi.

Bentuk masjidnya sama dengan masjid masjid tradisional Indonesia lainnya dengan atap limas bersusun, namun di ujung atapnya dilengkapi dengan kubah bawang dari bahan alumunium. Di ke empat penjuru atapnya juga dilengkapi dengan menara menara kecil dengan yang juga dilengkapi dengan kubah bawang dari alumuium alumunium.


Lihat Masjid Jami At-Taqwa Pebayuran di peta yang lebih besar
Tiga sisi masjid (utara, selatan dan timur) sudah dilegkapi dengan teras lengkap dengan pilar pilar beton dan beranda. Ini merupakan salah satu ciri khas masjid masjid kita untuk mengakomodir iklim tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi, tanpa teras air hujan tentunya akan tempias membasahi ruang dalam masjid. Selain itu teras dengan pilar pilar beton ini tentunya juga turut mempermanis bangunan masjid secara keseluruhan.

Letak masjid ini berada disisi selatan jalan raya, halaman luas membentang di sisi utara masjid di tepi jalan raya, Keseluruhan halaman luasnya ini sudah ditutup dengan konblok, selain berfungsi sebagai halaman parkir, halamannya yang luas ini juga dapat dipakai sebagai area sholat tambahan bagi jemaah sewaktu waktu jemaahnya membludak.

Masjid Jami' At-Taqwa, Pebayuran
Masjidnya bersih dan terawatt dengan baik, meski saya tak menemukan selembarpun rekaman aktivitas masjid ini di papan pengumuman yang dipasang di teras sisi timurnya selain selembar artikel. Tak ada laporan keuangan, hasil rapat pengurus ataupun susunan pengurus dan sebagainya.

Beduk besarnya diletakkan di bangunan terpisah dari bangunan utama masjid di bangunan gazebo disebelah masjid. Sedangkan tempat wudhunya berada di sisi barat masjid. Sebatang pohon mangga berukuran besar berdiri di halaman masjid ini, lumayan buat ngadem, mengingat pepohonan yang lain yang ditanam disisi kiri dan kanan halamannya belum seberapa tinggi.

Interior Masjid Jami' At-Taqwa Pebayuran
Exterior Masjid Jami' At-Taqwa Pebayuran

Baca juga