Sabtu, 04 Agustus 2012

Masjid Al-Hidayah II, Kampung Teko, Pebayuran

Masjid, Majelis Ta;lim & Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kampung Teko

Ketika meilntas di di depan masjid ini dan membaca nama kampung tempat masjid ini berdiri putra ku yang masih duduk di sekolah dasar sempat ketawa lucu, kok nama kampungnya lucu ya pa, katanya. Tapi beneran lho, nama kampung tempat masjid, Madrasah Ibtidaiyah ini berdiri memang bernama kampung Teko, masuk dalam wilayah Desa Kertajaya, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi.

Masjid Al-Hidayah II
Jalan Raya Pebayuran
Kampung Teko, Desa Kertajaya
Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi
Jawa Barat, Indonesia
Koordinat Geografi :  6°11'37.93"S 107°17'21.31"E


Lihat Masjid Al-Hidayah Kampung Teko di peta yang lebih besar

Sempat bertanya tanya juga dalam hati, apakah nama teko yang menjadi nama kampung ini memang dari kata Teko, tempat air minum itu kah atau dari kata yang lain. Namun sepertinya pertanyaanku langsung terjawab ketika melintasi kantor desa Kertajaya yang di samping papan namanya terpasang patung Teko dalam ukuran besar. Namun begitu tetap saja saya belum tahu kenapa nama kampungnya dinamai kampung Teko.

Masjid yang ada dalam foto itu berada disebelah kanan jalan dari arah Bojong ke Pebayuran, satu komplek dengan gedung madrasah Ibtidaiyah yang terdiri dari beberapa ruang kelas di depan masjid ini. masjidnya kecil tapi terawatt dengan apik, lengkap dengan fasilitas tempat berwudhu dan toilet di sisi selatan masjid.

kompilasi Foto Masjid Al-Hidayah II Kampung Teko
Atap masjid ini dibangun dalam bentuk atap limas bersusun tiga sempurna, lengkap dengan jendela jendela kecil diantara masing masing tingkat atapnya. Di ujung atap tertinggi nya dilengkapi dengan kubah bawang dari bahan alumunium. Ke empat sudut atapnya diperindah dengan empat menara kecil dengan mahkota kubah unik dari alumunium disemua puncaknya. Keseluruhan tembok masjid ini luar dan dalam di cat dengan paduan warna hijau tua dan hijau muda cerah, dipadu dengan warna merah alami pada gentengnya.

Dari letaknya jelas terlihat masjid ini memang masjid lingkungan, lokasinya berdempetan dengan kediaman penduduk sekitar yang boleh jadi adalah tokoh utama dari masjid, masjelis ta’lim dan MI yang megah ini. menariknya masjid mungil ini dilengkapi dengan teras di semua sisinya termasuk di sisi mihrab, yang di masjid masjid kebanyakan sisi mihrab tak ada terasnya.

Interior Masjid Al-Hidayah II kampung Teko
Bagian dalam masjid, setengah lantainya sudah ditutup dengan karpet sajadah. Pintu utama berada di sisi timur menghadap ke pemukiman, dua pintu lain berada di sisi utara menghadap ke gedung MI sedangkan sisi selatan menghadap ke tempat wudhu. sisi mihrab masjid ini menghadap ke jalan raya.

Ketika mampir ke sini, masjidnya dalam kondisi terkunci, thanks to jendelanya yang seluruhnya menggunakan kaca bening jadi masih bisa merekam Susana di dalam masjid ini dari balik kaca jendela meski kali ini tak bisa mencicipi sholat di dalamnya ….

Teras sisi barat masjid di depan  area mihrab
teras selatan dan koridor menuju area berwudhu
Masjid Al-Hidayah II di ruas jalan raya Pebayuran

Baca juga