Senin, 07 Desember 2020

Masjid Agung At Thohiriyah Empang Bogor – Tempoe Doloe

Masjid Agung At-Thohiriyah Empang Bogor di tahun 1880 (foto dari akun instagram @Rajakelir)

Suasana di alun alun Empang di depan Masjid Agung Empang kota Bogor pada tahun 1880. Tampak ada tujuh pria dewasa sedang berbincang serius di tengah alun alun, dua diantaranya terhalang oleh yang lain. Dari penampilannya tampaknya mereka adalah para tokoh pada masa-nya.
 
Pria yang berdiri menghadap kamera, satu satunya yang menggunakan sepatu diantara lainnya, dari pakaian dan ciri lainnya termasuk tongkat dan beskap warna biru yang dikenakan tampaknya beliau adalah petinggi di masa itu, sejauh ini saya belum mendapat informasi siapa beliau pun dengan yang lainnya.
 
Masjid Agung At-Tohiriyah
Jl. Empang 1 No.1, Empang, Bogor Selatan
Kota Bogor, Jawa Barat 16132



 Masjid Agung At Tohiriyah di Kelurahan Empang Bogor merupakan Masjid Agung pertama sekaligus masjid pertama yang berdiri di wilayah kota dan kabupaten Bogor. Berdasarkan catatan sejarah yang ada di masjid ini, Masjid Agung At-Tohiriyah dibangun pertama kali di tahun 1817 oleh Raden Muhammad Thohir.
 
Masjid pertama tersebut dibangun diatas lahan seluas lebih kurang 750 meter persegi. Raden Muhammad Thohir adalah cucu dari Dalem Cikundul Cianjur alias Raden Arya Tanu Datar  Bin Aria Wangsa Goparana (1677-1691) Bupati Cianjur Pertama.


Masjid Agung At-Thohiriyah pada era awal pembangunannya (foto dari IG @Rajakelir)

Pertama kali dibangun masjid ini berbentuk bangunan masjid tradisional Indonesia dengan atap berbentuk atap joglo, nama At-Thihiriyah pada masjid agung ini mengabadikan nama pendirinya.

Masjid ini kemudian diteruskan pengelolaannya oleh cucu Raden Muhammad Thohir yang bernama Raden Arya Wiranata yang juga merupakan Bupati pertama kabupaten Bogor, sedangkan putra dari Raden Muhammad Tohir sendiri wafat di tanah suci Mekah.
 
Masjid Agung At-Thohiriyah kini dan tempo dulu.

Baca artikel lengkapnya di posting sebelumnya disini. 

-----------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara
------------------------------------------------------------------


1 komentar:

hindari komentar yang berbau SARA