Sabtu, 19 November 2016

Masjid Nurul Anda Parung Kuda – Sukabumi

Masjid Nurul Anda

Masjid Nurul Anda berada di tepian ruas jalan Sukabumi tepatnya di Kampung Pondokaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda. Masjid ini menjadi menjadi masjid pavorit untuk singgah bagi para pengguna jalan. Masjid Nurul Anda terdiri dari dua lantai, dibangun dengan rancangan sederhana dengan sentuhan ornamen kayu ukiran yang menyerupai rumah rumah tradisional Betawi.

Masjid Nurul Anda
Jl. Cipanggulan, Pondok Kaso Landeuh
Parung Kuda,Sukabumi, Jawa Barat


Kubah besar dari allumunium bertengger di atap masjid ini menjadi penanda utama bangunan masjid ini. Satu keistimewaan yang dimiliki masjid Nurul Anda ini selalu terbuka 24 jam. Hal ini dilakukan dengan alasan bahwa masjid sebagai tempat ibadah tak boleh tertutup agar umat muslim yang sedang dalam perjalanan kapapun bisa menunaikan shalat. Masjid Nurul Anda juga tak dipagar ketika malam dan selalu terbuka. Hal ini dilakukan karena masjid ini berada di jalan perlintas sehingga banyak digunakan oleh muslim untuk transit menunaikan shalat dan beristirahat.

Masjid Nurul Anda dibangun oleh yayasan Nurul Anda Jakarta. Pembangunanya menelan biaya sebesar Rp 1 Miliar, dibangun diatas tanah wakaf dan kini pengelolaanya oleh DKM masjid. Dari plakat yang terpasang di dinding masjid, dijelaskan peletakan batu pertama pada tanggal 30 Maret 1999, oleh MAY JEND TNI (Purn) H Eddi M Nalapraya, dan diresmikan tanggal 9 Juli 2005, bertepatan dengan hari ulang tahun ikatan keluarga besar anak Jakarta ke 50.***

Didalam Masjid 
Teras depan masjid Nurul Anda
Prasasti pembangunan masjid Nurul Anda
Prasasti pembangunan masjid Nurul Anda
Area tempat wudhlu
Teras utara masjid Nurul Anda dengan pemandangannya yang sejuk