Rabu, 20 April 2016

Masjid Raya Kota Bogor

Masjid Raya Kota Bogor Saat ini
Masjid Raya kota Bogor berada di Jl Raya Pajajaran No 10, Kota Bogor, sekitar 400 meter dari Terminal Baranangsiang arah ke kiri di pertigaan jika keluar dari jalan tol Jagorawi, letaknya yang berada di pusat keramaian kota Bogor menjadikan masjid ini sangat strategis. Masjid ini awalnya dibangun pada tahun 1970 dan baru selesai tahun 1979. Pada awanya masjid ini dibangun dengan atap limasan khas Indonesia namun kemudian dilakukan revitalisasi yang dilakukan tahun 2006 dan baru diresmikan pada tanggal 16 Januari 2013 menghabiskan dana sekitar 22 milyar rupiah.

Lokasi Masjid Raya Kota Bogor
Jl. Raya Pajajaran No. 10, Kecamatan Bogor Timur
Kota Bogor, Jawa Barat



Revitalisasi telah merubah total bentuk bangunan masjid ini dari semula beratap limas menjadi bangunan masjid berarsitektur modern dengan kubah besar yang diapit dua kubah kecil. Ruangan utama Masjid Raya Bogor yang cukup mewah dan lumayan lega, pintu pintu masjid dari kaca masjid kusen aluminium. Tembok dinding kiri kanan dan atas mihrab dilapis bahan semen fiber-glass, berhias kaligrafi petikan ayat Al-Quran serta ornamen lengkung dan garis. Di atas lubang mihrab terdapat kaligrafi kalimat “Allah” dan “Muhammad”.

Masjid Raya Kota Bogor dilengkapi dengan Gedung Pusat Pengembangan dan Pengkajian Islam di sisi kanan masjid dan perpustakaan umum di sekitar serambi masjid. Bagian dalam kubah utama Masjid Raya Bogor yang cukup indah dengan lampu kristal gantung berada tepat di tengahnya. Keseluruhan bangunan masjid ini memiliki luas sekitar 4.057 m2 ini ruang utamanya yang cukup luas, ditambah dengan balkon di sisi kiri kanan atas dengan penopang keemasan menambah kapasitas masjid.

Masjid Raya Kota Bogor sebelum revitalisasi
Setelah revitalisasi, Masjid ini dilengkapi dengan menara tunggal yang letaknya terpisah lumayan jauh dari bangunan utama masjid dihubungkan dengan koridor cukup panjang antara masjid dan bangunan menaranya. Bagian dasar menara berbentuk segi empat tiga tingkat, dengan tingkat ketiga berukuran lebih kecil. Ornamen bulan bintang diletakkan di ujung menara masjid ini. Di suasana cuaca cerah masjid ini memiliki pemandangan yang indah dengan latar belakang gunung salak yang menjulang.*** di sisi kiri kanan atas dengan penopang keemasan menambah kapasitas masjid.


Setelah revitalisasi Masjid Raya Bogor dilengkapi dengan menara tunggal yang letaknya terpisah lumayan jauh dari bangunan utama masjid dihubungkan dengan koridor cukup panjang antara masjid dan bangunan menaranya. Bagian dasar menara berbentuk segi empat tiga tingkat, dengan tingkat ketiga berukuran lebih kecil. Ornamen bulan bintang diletakkan di ujung menara masjid ini. Di suasana cuaca cerah masjid ini memiliki pemandangan yang indah dengan latar belakang gunung salak yang menjulang. [foto oleh : M. Jabbar O.V T531F].***

Ekterior Masjid Raya Kota Bogor

Ba'da sholat Jum'at
dan ini akses utama ke masjid

Interior Masjid Raya Bogor

Lampu gantung ukuran besar menggantung dibawah kubah
Sisi kiblat masjid raya kota bogor 
Mezanin di sisi kanan dalam masjid
Pintu utama
---------------ooo000ooo---------------