Sabtu, 07 Juli 2012

Masjid Jami’ Darussalam Karanghaur, Pebayuran


Masjid Jami' Darussalam Karanghaur, Pebayuran, Kabupaten Bekasi

Masjid Jami’ Darussalam Karanghaur berada di kampung Karanghaur, di wilayah desa dengan nama yang sama, Desa Karanghaur, kecamatan Pebayuran salah satu kecamatan di wilayah utara Kabupaten Bekasi, propinsi Jawa Barat. Dari ukurannya masjid ini memiliki ukuran sebagai masjid Jami paling besar di Pebayuran.

Masjid Jami’ Darussalam
Kampung Karanghaur, Desa Karanghaur
Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi
Provinsi Jawa Barat – Indonesia
Koordinat Geografi :  6°10'0.61"S 107°16'34.90"E


Lihat Masjid Jami’ Darussalam Karanghaur di peta yang lebih besar

Ukuran masjid nya memang cukup besar, Lokasinya berdiri berada di sisi selatan jalan raya dengan halaman depan yang lega lengkap dengan halaman rumput dan jejeran pohon mangga. Di depan masjid ini juga berdiri gedung Taman Kanak Kanak Islam Terpadu (TKIT) As-Salam yang dikelola masjid ini.

Singgah ke masjid ini pagi hari sekitar pukul Sembilan pagi, sepi (sudah pasti attuh) karena memang bukan waktu sholat. Tapi beruntung sempat ngombrol sebentar dengan Pak Kasmin, marbot masjid ini yang baru pulang dari sawah, menurut beliau dan dibenarkan oleh seorang warga lainnya, masjid Darussalam ini dibangun dengan dana murni swadaya masyarakat, termasuk gedung TKIT yang berdiri di depan masjid.

fasad depan Masjid Jami' Darussalam Karanghaur. Perpaduan antara atap limas khas Indonesia dengan kubah di serambi depan. rangkaian pilar di sekeliling masjid memberikan keindahan tersendiri bagi masjid ini.
Masih menurut Pak Kasmin, masjid Jami’ Darussalam ini di imami oleh Ustadzh Haji Supardi, yang rumahnya berada tak jauh dari masjid, rumah gedong bewarna hijau diseberang masjid. Merujuk kepada jadwal imam/khatib yang terpasang di-dinding masjid, ketua DKM Masjid Darussalam Karanghaur ini, saat ini jabat oleh Bpk. Aef Syaefulloh Spd dengan Sekretaris Bpk. Atang Sukarna SE.

Secara keseluruhan Masjid Darussalam dibangun dengan atap limas bersusun, denah bangunannya bujur sangkar. Disekeliling bangunan utama kemudian ditambahkan teras beton dengan begitu banyak pilar dengan lengkungan lengkungan besar. Beranda depan yang menghadap ke jalan raya kemudian diberi kubah. Permukaan lantai masjid ditinggikan dari permukaan tanah disekitarnya hingga lima anak tangga.

Interior Masjid Jami' Darussalam Karanghaur, Pebayuran
Struktur atapnya yang besar bersusun itu ditopang empat sokoguru bundar di dalam masjid. Ruang dalam masjid besar ini tidak berplafon, dengan ukurannya yang besar, langit langit ruangannya yang terbuka, ditambah lagi dengan jejeran ventilasi disekiling bagian atas dinding masjid memberikan keleluasaan sirkulasi udara sehinga didalam masjid terasa adem.

Mimbar yang diletakkan di ruang mihrabnya berbentuk panggung kecil dengan podium mungil dan kursi untuk khatib. Menariknya tongkat untuk khatib di masjid ini dibagian ujungnya benar benar sebuah tombak bukan sekedar tongkat kayu. Meski begitu saya tak menemukan sertifikat / piagam pembangunan masjid dari Depag yang menjelaskan pembangunan masjid ini terpasang disana.

Gerbang Masjid Jami' Darussalam Karanghaur, Pebayuran, yang cukup unik dan menarik
Dan, hal lain yang tak kalah menariknya dari Masjid Jami Darussalam Karanghaur ini adalah gerbang masjid nya yang unik itu. gerbang masjid yang tak biasa, dengan ukiran dan gunungan di kiri dan kananya namun dilengkapi dengan sebuah kubah kecil allumunium ditengahnya plus nama masjid dalam kaligrafi Arab. Sebuah gerbang masjid yang cukup unik dan indah.

Foto foto Masjid Jami’ Darussalam Karanghaur

dari serambi depan masjid Jami' Darussalam lurus ke gerbang
rangkaian pilar masjid di teras depan
Bangunan Gedung Taman Kanak Kanak Islam - As-Salam
interior Masjid Jami' Darussalam