Sabtu, 14 April 2018

Masjid Jami’ Al-Huda Gunung Batu Kaum Bogor

Masjid Jami' Al-Huda, Gunung Batu, Kota Bogor.

Masjid Jami’ Al-Huda di Gunung Batu Kaum, kota Bogor Jawa Barat ini pertama kali dibangun tahun 1960-an atas inisiatif seorang pengusaha pabrik busi Haji Muhamad Yusuf dan lokasi masjid ini menjadi jalan utama menuju ke komplek pemakaman umum yang berada di belakang masjid ini.

Uniknya pembangunan masjid ini ditandai dengan penanaman pohon Mahoni dan pohon sakura oleh pembangunnya, baru kemudian menyusul pembangunan masjid nya. Hanya saja dua jenis pohon itu kini sudah tidak ada lagi.



Bangunan masjid yang kini berdiri tampak megah dengan arsitektur masjid modern lengkap dengan kubah dan menara dibangun pada tahun 2007 yang lalu. Bangunan lama masjid ini sudah tidak tersisa, hanya bagian tempat wudhu yang masih dipertahankan sebagaimana aslinya meskipun ada pernggantian keramik lantainya.

Sentuhan Arabia sangat kental pada bangunan masjid ini. Ornament exterior dan interiornya cukup apik dan terkesan mewah. Hamparan karpet di dalam masjid ini juga merupakan donasi dari pihak keluarga dari pembangun masjid ini yang masih seringkali datang ke masjid ini meskipun kini sudah tidak lagi tinggal di kota Bogor.

Baca Juga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA