Sabtu, 18 November 2017

Masjid Agung Harakatul Jannah - Masjid Gadok

Masjid Agung Harokatul Jannah, Gadog, Bogor (photo by IG | @aryagunawan16)

Bagi Anda yang sudah berkunjung ke wilayah puncak, anda akan melihat bangunan masjid ini di sisi kanan simpang Gadog, dari arah Gerbang Tol (GT) Ciawi, terlihat sangat mencolok jika dilihat dari Jalan Raya Puncak dengan kubah tembaga berukuran besar menyerupai bangunan kubah Taj Mahal di India.

Kubah besar itu berada di sisi bagian tengah bangunan masjid, dan menjadi kubah utama di antara kubah lainnya yang berukuran lebih kecil.Bentuknya menyerupai bawang dengan sisi bawahnya berbentuk silinder.Selain kubah utama tadi, masjid ini memiliki enam kubah yang berukuran lebih kecil, semua kubah itu terbuat dari bahan tembaga. Masjid ini juga menampilkan berbagai arsitektur bergaya rumah adat minang di bagian gerbangnya.

Masjid Harakatul Jannah - Masjid Gadok
Pandansari, Ciawi, Sukamahi, Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16720



Masjid ini didirikan oleh mantan Wali Kota Jakarta Selatan, H Syahrul Effendi, pada Tahun 2006. Bersama istirnya, Hj Astati, Syahrul memutuskan untuk mengurungkan niat pergi umrah demi membangun sebuah masjid. Niatnya itu kemudian diaplikasikan di lahan kosong seluas 1,1 hektar yang dibelinya pada Tahun 2004.

Keinginannya untuk membuat sebuah masjid juga merupakan pesan ibunya, yang menginginkan anaknya membangun sebuah masjid yang bagus jika memiliki kemampuan. Meski tidak semua biaya pembangunan masjid ditanggung Pak Syahrul, tetapi bersama para donatur lain beliau berhasil mewujudkan cita-cita ibunya.

Masjid Agung Harokatul Jannah pada saat masih dalam proses pembangunan di bulan Februari 2011

Pada tanggal 17 September 2006 dilakukan pemancangan tiang pertama yang dihadiri oleh Bupati Bogor Rahmat Yasin. Nama Harakatul Jannah memiliki arti gerakan sorga, yang diharapkan dapat mengantarkan orang-orang yang turut berjasa dan siapapun yang beraktifitas di masjid itu ke surga.

Masjid ini memiliki luas 24 x 24 meter itu terdiri dari dua lantai. Lantai pertama itu untuk pertemuan, pernikahan dan acara lainnya, sedangkan untuk ruang ibadah utama ada di lantai 2, kapasitas ruangan bisa menampung 1.000 jamaah.

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
🌎 informasi dunia Islam.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga