Minggu, 08 Oktober 2017

Masjid Jami’ Nurussa’adah Tegal Gede

Masjid Jami' Nurussa'adah

Masjid Jami’ Nurussa’adah yang satu ini lokasinya bersebelahan dengan rumah makan kartini di seberang SPBU Tegal Gede, di ruas jalan antara jembatan kali malang dengan jembatang layang Tol Cikarang Barat.

Dari arah toll cikarang barat masjid ini ada disebelah kanan jalan, sehingga untuk mampir kesana anda mau tidak mau harus berputar balik menjelang jembatan kali malang. Dari arah jalan raya masjid ini tampak tak memiliki lahan parkir yang memadai selain sedikit ruang kosong di depan bangunannya di sisi jalan raya.

Masjid Jami' Nurus Sa'adah
Jalan Raya Industri Tegal Gede, Desa Pasirsari
Kec. Cikarang Selatan, Kab. Bekasi
Jawa Barat 17530



Areal parkirnya disediakan di samping masjid, anda harus masuk ke halaman disamping masjid melalui ruas jalan yang cukup menurun karena lahan tempat masjid ini berdiri jauh lebih rendah dari jalan raya tegal gede.

Bangunan masjid ini dibangun berlantai tiga, lantai paling bawahnya sejajar dengan area parkir. Banyak dipakai untuk Jemaah wanita dan area belajar mengaji untuk anak anak serta aktivitas lainnya.

Ruang sholat utamanya ada di lantai tiga, ruangan yang cukup megah dan tinggi dan dilengkapi dengan lantai ketiga (area mezanin) di kiri dan kanan ruang utama. hamparan karpet hijau mendominasi ruangan utamanya.

Interior Masjid Jami' Nurussa'adaha

Ada banyak anak anak belajar mengaji setiap ba’da sholat magrib di masjid ini hingga datang waktu isya. sedangkan aktivitas pengajiannya terjadwal sesuai dengan jadwal yang dipampang di papan pengumuman di area depan masjid setelah tangga besar bila masuk dari arah jalan raya.

Rancangan masjid ini menjadi unik karena memang letaknya yang berada di sisi timur jalan raya sehingga sisi kiblatnya menghadap ke jalan raya, begitupun dengan mihrab dan mimbarnya. Dengan demikian perancang masjid ini mau tidak mau harus menyiasati pintu depan masjid ini yang menghadap ke jalan raya tidak langsung menuju ke ruang sholat utama.

Masjid Jami' Nurussa'adah dari kejauhan kampung pasir konci.

Dari tangga depan masjid, masuk ke area lobi kecil Jemaah akan disambut anak anak tangga menuju ke ruang sholat utama di lantai atas dan menuju ke lantai dasar untuk berwudhu. Di area ini juga kantor pengelola masjid ditempatkan.

Masjid Jami’ Nurussa’adah ini pada mulanya adalah bangunan masjid berbentuk bangunan tradisional Indonesia dengan atap limas dan berukuran tidak terlalu luas. Bangunan tersebut kemudian dirobohkan dan dibangun masjid yang kini berdiri diresmikan pada tanggal 23 Februari 2014 oleh Al-Habib Alwi Bin Abdullah Alaydrus, seorang tokoh agama dari Yaman.***

Masjid Nurussa'adah dari arah kali malang
Masjid Nurussa'adah dari jalan raya tegalgede.
Peringatan pembangunan masjid Nurussa'adah
.
====================================
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
🌎 informasi dunia Islam
====================================

Baca Juga