Minggu, 01 Oktober 2017

Masjid Al-Hidayah Bukit Cimanggu Villa Kota Bogor

Masjid Al-Hidayah Bukit Cimanggu Villa, Bogor

Masjid Al Hidayah terletak didalam kompleks perumahan Bukit Cimanggu City, berjarak sekitar 7 km dari pusat kota Bogor, arah utara. Lokasi persisnya di Blok Q1. Masjid dibangun tahun 2000 diatas lahan seluas 1.000 m2, dengan luas bangunan 500 m2.

Arsitektur bergaya tradisional Indonesia  dengan atap tumpang bersusun tiga tanpa menara. Denah bangunan bujur sangkar dan di bagian dalam dilengkapi dengan mezanin yang berada di tengah tengah ruang utama.

Ruang ibadah seluas kurang lebih 250 m2, ditambah teras didepan dan kiri-kanan seluas 250 m2, total seluas 500 m2, dan mampun menampung sekitar 1.000 jama’ah. Tak banyak mozaik dan ornamen di dalam masjid ini selain mozaik lapafzd ALLAH yang  terlihat begitu menyolok karena cahaya matahari pada sisi kiblat di ruang mihrab.

Masjid Al-Hidayah BCC
Jl. Bukit Cimanggu City Raya Blok Q1
Bukit Cimanggu Villa, Tanah Sereal
Kota Bogor, Jawa Barat 16168



Mihrab masjid ini berupa cerukan berbentuk kotak dengan lebar 3 meter dan kedalaman 2, 5 meter. Didalamnya terdapat jam almari, sajadah untuk sholat Imam, gantungan baju berisi gamis dan mimbar. Mimbar terbuat dari kayu tanpa ukiran.

Sebagaimana tertulis di prasasti yang dipasang di tembok sebeleah luar sebelah timur masjid di sisi jalan samping masjid, Masjid Al-Hidayah ini diresmikan pada tanggal 23 Agustus 1997 bertepatan dengan tanggal 19 Rabiul Ahir 1418H oleh Walikota Daerah Tingkat II Bogor (saat itu) Drs. H. Eddy Gunardi.

Pengelolaan Masjid Al-Hidayah BCV

Pengelolaan Masjid Al-Hidayah Bukit Cimanggu Villa ditangani oleh Yayasan Al-Hidayah BCV yang dilembagakan dengan SK Menkum dan HAM No. AHU.2-AH,01.01-4410. Yayasan Al-Hidayah BCV ini mengelola unit unit pelaksana kegiatan yang terdiri dari:

(a). Badan Pengurus Masjid Al-Hidayah BCV
(b). Unit Pendirikan
(c). Unit Sosial Kemasyarakatan
(d). Unit Baitul Maal (BM)
(e). Unit Pelayanan Musibah Kematian (PMK)
(f). Unit Pengelola Aset dan Gedung
(g). Unit Usaha

Peringatan peresmian Masjid Al-Hidayah

Arsitektur Masjid Al-Hidayah BCV

Masjid Al-Hidayah BCV berdenah segi empat dilengkapi dengan teras di tiga sisinya. Akses ke masjid ini disediakan di sisi timur dan utara. Gerbang utama masjid ini berada di sisi utara menghadap ke jalan raya utama, sedangkan gerbang kedua dihubungkan dengan koridior panjang berada di sisi timur menghadap ke jalan lingkungan perumahan.

Dua bangunan pendopo berukuran kecil di depan masjid ini di sisi utara merupakan tempat wudhu untuk pria yang dibangun di luar ruang. Tempat wudhu lainnya ditempatkan berjejer di sisi kiri dan kanan koridor di sisi utara.

Interior Masjid Al-Hidayah 

Bangunan utamanya dibangun berarsitektur asli Indonesia dengan atap limas bersusun dan empat pilar di ruang utamanya menopang struktur atap masjid ini. Ruangan dalam masjid terasa lega dengan ketiadaan plafon menjadikan ruang dalam masjid ini terasa lebih lega.

Bagian paling menarik dari arsitektur masjid ini adalah adanya satu mezanin berukuran kecil di atas ruangan tengah masjid ini bertumpu pada empat pilar tengah nya yang berukuran besar. Satu tangga kayu melingkar berukuran satu orang ditempatkan di salah satu tiangnya. Mezanin ini digunakan untuk pengajian kecil. Mezanin seperti ini biasanya hanya dapat kita temui di beberapa masjid masjid tua di pulau jawa, bangunan baru yang memasang mezanin seperti ini baru kami temui di masjid ini.****

Mihrab dan mimbar Masjid Al-Hidayah
Matahari pagi di Masjid Al-Hidayah
Masjid Al-Hidayah dari arah lapangan samping
Atap Limas Masjid Al-Hidayah
Koridor menuju pintu utama masjid di sisi timur
Ornamen di ruang mihrab
Interior Masjid Al-Hidayah
 
====================================
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
🌎 informasi dunia Islam
====================================

Baca Juga