Minggu, 04 Juni 2017

Masjid Jamie Al-Anam Telukjambe, Karawang

Masjid Jamie Al-Anam Telukjambe, ba'da magrib

Masjid Jamie Al-Anam merupakan masjid jami’ di Sukagalih, Desa Telukjambe, kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang. Masjid yang berdiri megah satu lantai saja namun masih memiliki lahan kosong cukup luas di bagian belakangnya. Lokasi masjid ini bersebelahan dengan kantor camat Telukjambe Timur dan tidak jauh dari kantor Polsek Telukjambe Timur.

Bangunan masjidnya berlanggam bangunan masjid modern meski dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Berdenah segi empat simetris, tiga sisinya dilengkapi dengan beranda dengan bentuk yang serupa, masing masing di sisi timur, utara dan selatan. sedangkan bagian baratnya juga berbentuk yang sama namun merupakan ruang mihrab.

Masjid Jamie Al-Anam
Jl. Sukagalih, Desa Telukjambe, Kec. Telukjambe Timur
Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Indonesia

  
Bangunannya dilengkapi dengan satu kubah besar di atap masjid, dikelilingi oleh empat kubah kecil di masing masing empat penjuru atap, dibangun seperti bentuk menara yang tidak terlalu tinggi. Lantai masjid ditinggikan dari permukaan tanah dan dilengkapi dengan tiga anak tangga di masing masing beranda. Ada empat pilar beton berbentuk bundar di dalam masjid ini menopang struktur atapnya.

Sebuah mimbar berukuran kecil ditempatkan di dalam ruang mihrab bersama dengan sebuah jam berdiri berukuran sedang. Area toilet dan tempat wudhu di tempatkan di halaman depan sisi kiri bangunan, sedangkan di halaman belakang masih berupa tanah kosong, ada satu makam di pojok halaman belakang di tutup dengan atap asbes dan di pagar teralis.***

Interior Masjid Jamie Al-Anam Telukjambe 
salah satu jendela masjid mengarah ke jalan raya
mihrab dan mimbar Masjid Jamie Al-Anam
Toilet dan tempat wudhu di halaman depan Masjid Jamie Al-Anam
Makam di halaman belakang Masjid Jamie Al-Anam