Sabtu, 17 Juni 2017

Masjid Jami' Halimatul Amin Cikarang Utara

Masjid Jami' Halimatul Amin Ba'da Magrib

Masjid Halimatul Amin merupakan masjid megah yang letaknya persis berseberangan dengan kantor Samsat Kabupaten Bekasi di Cikarang utara. Secara administratif, masjid ini beserta dengan kantor samsat diseberangnya merupakan bagian dari wilayah desa Pasir Gombong meskipun lokasinya tepat digaris perbatasan dengan desa Cikarang Kota.

Sejatinya masjid ini merupakan masjid pribadi, dibangun diata lahan milik pribadi dengan dana pribadi pembangunannya, namun demikian sesuai dengan fungsinya sebagai masjid, Masjid Jami’ Halimatul Amin ini terbuka untuk umum, ditambah lagi dengan lokasinya yang berada di depan kantor layanan publik.

Tidak saja masjidnya yang ramai dikunjungi ummat pada waktu sholat, namun pekarangan masjid ini juga menjadi lahan parkir bagi mereka yang sedang mengurus pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat dan tidak kebagian tempat parkir di halaman Samsat.

Masjid Jami Halimatul Amin
Jl. Raya Industri Pasir Gombong No.29b Desa Pasirgombong
Kecamatan Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat 17530
Indonesia



Dibangun dengan gaya modern dan menggunakan warna warna cerah membuat bangunan masjid ini benar benar begitu menonjol di lingkungannya. Petak tanah tempatnya berdiri tidak persis menghadap kiblat membuat bangunan masjid ini dibangun seditit miring posisinya terhadap lahan dan jalan raya yang melintas di depannya.

Lokasinya memang strategis, di tepian ruas jalan industri yang menghubungkan pertigaan Pasir Gombong ke Pasar Cikarang dan berada persis di depan kantor samsat, membuat lokasi masjid ini mudah untuk ditemukan, bagi siapa saja yang melintasi jalur tersebut.

Mulai dibangun tahun 2013, proses pembangunannya tidak berlama lama, maklum karena dana pembangunannya mengalir deras dari penggagasnya, yang tinggal bersebelahan dengan masjid ini. Beliau juga adalah orang yang sama yang membangun masjid Nurul Amin di Perum Mega Regency Blok A, Desa Sukaragam, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi.

Masjid Jami' Halimatul Amin dipandang dari jalan raya.

Sentuhan modern sangat kental pada pemilihan material bangunannya, kubah beton masjid ini di lapis dengan lempengan enamel bewarna hijau dan kuning cerah, sama halnya dengan dua menaranya yang lancip dan menjulang seperti masjid masjid Usmaniyah. Bangunannya dibuat cukup tinggi pun dengan jendela jendela kacanya.

Pintu masjid ini mengingatkan kepada pintu pntu di masjid Nabi di Madinah, sepertinya pembangun masjid ini memendam kerinduan cukup dalam kepada masjid junjungan umat tersebut. Sementara di bagian belakang masjid terdapat bangunan pendopo terbuka yang berukuran cukup besar, sebuah beduk juga di letakkaan disamping pendopo ini.***


Menara kembar Masjid Halimatul Amin, menjulang diantara pepohonan
Pada saat pembangunan tahun 2013
Sisi Mihrab Masjid Jami' Halimatul Amin dilihat dari Halaman Kantor Samsat diseberangnya
Pintu Masjid Jami' Halimatul Amin
Pendopo dan beduk di bagian belakang Masjid Jami' Halimatul Amin
Ba'da Sholat magrib Masjid Jami' Halimatul Amin 
Di dalam Masjid Jami' Halimatul Amin