Sabtu, 24 Juni 2017

Masjid Darussalam Pisang Batu

Masjid Jami Darussalam Pisang Batu

Kampung Pisang Batu merupakan salah satu kampung di desa Karang Raharja kecamatan Cikarang Utara kabupaten Bekasi provinsi Jawa Barat. Lokasinya berada ditepian ruas Jalan yang membentang sepanjang bantaran barat kali Cilemahabang. Kampung yang masih hijau royo royo dengan bentangan pesawahan yang menghijau, masih belum tersentuh oleh gencarnya perkembangan industry dan kawasan perumahan di Cikarang yang semakin hari semakin menggerus habis lahan pesawahan produktif.

Tidak telalu besar dalam ukuran namun sangat apik dalam penataan pembangunannya. Ruang utamanya hanya sekitar 6 x 6 meter yang kini menjadi ruang sholat utama ditandai dengan empat pilar masing masing di ketiga sisinya. Tampak jelas ruang utama ini dulunya adalah ruangan utama dari bangunan masjid pertama, dengan teras selebar sekitar dua meter di tiga sisinya.

Masjid Jami Darusslam
kp.pisang batu RT.002/006 Desa Karang Raharja
Cikarang Utara, Kab. Bekasi, Jawa Barat 17530
0857-7636-2484


Dinding masjid pertama kemudian dibongkar untuk memperluas ruangan, dan tembok masjid digeser melingkupi bagian terasnya yang kini masuk menjadi ruang dalam masjid. Tak cukup sampai disitu, pembangunan terus berlanjut, ruangan kini sudah diperluas dengan penambahan di bagian kiri (sisi utara) bersebelahan dengan area tempat wudhu, dan ditambah ke atas ke lantai dua yang sudah siap di sisi depan.

Di sisi depan sudah ditambahkan teras baru sebagai beranda lengkap dengan sebuah gapura yang cukup indah menghadap ke jalan raya. Sebuah menara di sisi depan sebelah kiri masjid juga menjulang indah, bersamaan dengan bangunan sekretariat di sisi kiri yang juga menjadi pusat aktivitas remaja dan pemuda Masjid. Praktis bangunan lama masjid ini sudah tertutup oleh bangunan baru di sisi depan yang bergaya bangunan modern.

Masjid Jami Darussalam Pisang Batu dari arah depan

Bangunan lamanya masih berbentuk bangunan masjid tradisional dengan atap limas bersusun, hanya terlihat dari samping atau dari bagian belakang, dari sisi depan sudah tertutup total oleh bangunan barunya yang di poles dengan warna hijau terang membuatnya tampak begitu mentereng. Sederetan foto foto lawas masjid ini beserta dengan perjalanan pembangunannya dapat anda temukan di google map.

Singgah sebentar di masjid ini bertepatan azan magrib, dua hari menjelang bulan suci Romadhon, suasana masjid tampak benar benar makmur jamaah yang memenuhi ruang utama masjid ini dari berbagai usia termasuk anak anak dan remaja. Alhamdulillah.

Gapura Masjid Jami Darussalam Pisang Batu

Jemaah wanita memang harus mengalah dengan sholat di bagian beranda karena ruang dalam penuh oleh Jemaah laki laki sementara ruangan disamping yang masih baru tampaknya belum difungsikan karena masih dalam tahap finishing dan cleaning.

Usai sholat magrib, tampak anak anak dan remaja mulai sibuk mempersiapkan pawai obor untuk menyambut ramadhan, dibantu oleh para Jemaah dewasa mempersiapkan obornya masing masing di depan masjid. Sayangnya ada masih keperluaan yang harus segera diselesaikan hingga tak sempat menikmati meriahnya tarhib ramadhan di kampung ini.***

Ruang dalam Masjid Jami Darussalam Pisang Batu
Mihrab, Mimbar dan Jam besar di Masjid Jami Darussalam Pisang Batu
Beranda Masjid Jami Darussalam Pisang Batu
Area sisi utara (sebelah kanan masjid) bersebelahan dengan tempat wudhu yang sedang dalam proses finishing

Masjid lainnya di Desa Karang Raharja