Minggu, 11 Juni 2017

Masjid Al-Ulya Ponpes Sumber Barokah Telukjambe

Masjid Al-Ulya di Pondok Pesantren Sumber Barokah, Karawang.

Masjid Al-Ulya merupakan masjid yang berada di dalam komplek pondok pesantren Sumber Barokah di Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang. Pondok Pesantren “Sumber Barokah” didirikan tahun 1971 atas prakasa Bapak K.H. Matrohim, H. Sulaiman, KH. Moch. Mukri, H. Dawud Abusamah, H. Fatah, berlatar belakang melihat cepatnya laju perkembangan peradaban manusia yang dinamis dengan berbagai pola pikir dan pola budaya, dengan demikian perlu diimbangi dengan iman dan taqwa.

Masjid Al-Ulya Ponpes Sumber Barokah
Jl. Raya Telukjambe Timur No. 05 Tromol Pos 1/Tlj
Desa Wadas, Kec Telukjambe Timur
Kab. Karawang 41361, Jawa Barat, Indonesia
Tlp/fax. (0267) 641349



Masjid Al-Ulya ini merupakan salah satu fasilitas utama di dalam komplek pondok pesantren ini. selain menjadi pusat peribadatan, masjid ini juga menjadi pusat aktivitas para santri. Berkunjung ke sini sore hari ada banyak santri dan satriwati yang bergerombol ataupun sendiri sendiri sibuk dengan aktivitasnya, mengaji dan sebagainya. sebagian dari mereka juga istirahat di dalam masjid ini.

Sesuai dengan fungsinya sebagai masjid pesantren, masjid Al-Ulya dibangun cukup besar dan terdiri dari dua lantai. aktivitas harian dilaksanakan di lantai dasar, meskipun demikian area di lantai dua tetap terawat kebersihannya. tangga akses ke lantai dua masjid ini ditempatkan di bagian dalam bangunan, disamping pintu tengah masjid sisi selatan dan utara. Masih ada lantai ketiga yang pintunya terkunci, mungkin ruang utility.

Ada begitu banyak tiang di dalam masjid ini, pilar pilar beton berlapis keramik warna putih senada dengan lantai dan cat plafonnya. hampir semua pilar beton tersebut ditempatkan rak stainless steel melingkar sebagai tempat menyimpan kitab suci Al-Qur’an. Hanya bagian mihrab yang terlihat bewarna mencolok dengan latar hitam dan lis bewarna kuning emas.

Interior lantai dasar Masjid Al-Ulya

Sebuah mimbar dari kayu berprofil ditempatkan disisi kanan ruang mihrab sementara disisi kiri ditempatkan sebuah jam berdiri berukuran lumayan besar. Tempat untuk imam berada dibagian tengah diantara keduanya. Mihrab ini juga dilengkapi dengan pintu akses ke luar masjid ke arah area kamar mandi dan tempat wudhu.

Pondok Pesantren Sumber Barokah ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap yang kesemuanya dikelola oleh Yayasan Pondok Pesantren Sumber Barokah. Tersedia tersedua gedung gedung untuk KBM, asrama santri-santriwati, asrama para guru, kantin, kantor secretariat, pos kesehatan, perpustakaan, toko/koperasi, Lapangan olahraga terdiri dari lapangan sepakbola, futsal, basket dan silat, ditambah dengan areal parkir dan ruang terbuka hijau yang cukup luas.


Selain untuk boarding School (santri berasrama), Ponpes ini mengelola pendidikan non asrama berbagai jenjang terdiri dari Rauhdatul Athfal (RA) atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kelas anak-anak/cabe rawit, Kelas anak pra-remaja/dasar. Kelas remaja/lanjutan, Kelas Evaluasi Akhir, dan Kelas Kitab hadits besar/kutubussitah. Sedangkan untuk pendidikan umum yayasan berafiliasi dengan Yayasan Al-Ulya yang mengelola yang mengelola SMP, SMA, SMK Budi Mulia Telukjambe.***

Pintu tengah sisi selatan dan tangga akses ke lantai dua
Rak di tiang masjid 
Tangga akses ke lantai dua
area lantai dua
area lantai dua
Mihrab
Bersama dua Santri remaja, Semoga sukses menjadi pemimpin di masa depan. . . .