Sabtu, 27 Mei 2017

Masjid Jamie Al-Barkah Dusun Kawali

Masjid Jamie Al-Hidayah Dusun Kawali dari ruas jalan Kawali Dalem 

Masjid Jamie Al-Barkah ini berada di desa yang sama dengan masjid Al-Hidayah pada posting sebelumnya, sama sama berada di Desa Pancawati, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, namun masjid Jamie Al-Barkah ini berada di Dusun Kawali, nama yang sama dengan sebuah tempat di Ciamis yang berkaitan erat dengan sejarah Kerajaan Padjajaran, bisa jadi para pendiri Dusun ini dulunya adalah para pendatang dari sana.

Bangunan masjid ini berada diantara dua ruas jalan sisi depan masjid (sebelah timur) menghadap ke jalan Kawali Dalam, Desa Pancawati, sedangkan sisi baratnya (mihrab) berada di sisi jalan raya Kosambi-Talagasari. Gerbang, pekarangan dan teras depan masjid ini berada di sisi jalan Kawali Dalam menghadap ke pemukiman penduduk. Sedangkan dari jalan Raya Kosambi-Telagasari adalah sisi mihrab masjid tanpa pekarangan sama sekali.

Masjid Jamie Al-Barkah Kawali
Jalan Kawali Dalam RT. 02//04 Dusun Kawali, Desa Pancawati
Kec. Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat
Koordinat: -6.364425, 107.380201



BIla anda mampir ke masjid ini melalui jalan raya Kosambi-Telagasari, mau tidak mau harus memarkir kendaraan di sisi jalan raya. Dan untuk masuk ke masjid ada satu satunya akses melewati beberapa anak tangga, naik ke masjid langsung bertemu dengan area tempat wudhu dan ruang penyimpanan perlengkapan masjid termasuk tempat penyimpanan keranda.

Di disisi jalan Raya Kosambi-Telagasari di pagar masjid ini juga terpasang satu papan kecil bertuliskan nama dan alamat masjid ini serta tulisan “Menjual Kain Kafan (Boeh)”, terpasang berdekatan dengan tangga akses ke masjid ini dari sisi barat. Area tempat wudhu dan toiletnya berada di sisi selatan bangunan masjid.

Masjid Jamie Al-Barkah dari ruas jalan Kosambi-Telagasari

Sesuai dengan namanya sebagai masjid jami’ ruangan dalam masjid ini cukup lega,lengkap dengan mihrabnya. Sebuah mimbar kecil ditempatkan di ruangan mihrab ini. Dua shaf paling depan dibentang sajadah panjang, sedangkan lantai lainnya hanya dipasang garis shaf. Kondisi masjid bersih dan terawat.

Sisi timur bagian dalam masjid ini sudah dilengkapi dengan area mezanin sebagai area sholat tambahan. Tangga akses ke lantai atas tersebut ditempatkan di area teras depan masjid di sisi timur. Hampir seluruh ruang dalamnya di cat hijau tua dan hijau muda terang. Hanya lantainya yang bewarna putih bersih dari keramik yang digunakannya.

Interior Masjid Jamie Al-Barkah Dusun Kawali

Seluruh langit langit ruang dalamnya ditutup dengan plafon berwarna putih. Ada sebuah lampu gantung sederhana menggantung ditengah ruangan. area lantai dua masjid ini merupakan area tambahan di sisi teras depannya yang menghadap ke pemukiman penduduk, atapnya dirancang senada dengan atap bangunan utama masjid berupa atap limas bersusun. bedanya atap pada bagian teras berlantai dua ini terdiri dari dua atap atap tumpang.

Dipandang dari kejauhan masjid ini di dominasi oleh tiga atap limasnya yang terlihat berjejeran. satu atap limas berukuran besar merupakan atap bangunan utama dan dua atap limas lainnya merupakan atap sisi teras berlantai dua seperti disebutkan sebelumnya. Merujuk kepada data simas kemenag, masjid ini dibangun tahun 1990 dan sudah terdaftar di Kemenag dengan nomor ID: 01.4.13.15.05.000116.***

Interior Masjid Jamie Al-Barkah sisi timur.
Bagian depan masjid Jamie Al-Barkah dari ruas jalan Kawali Dalam