Sabtu, 13 Mei 2017

Masjid Darusalam Pilar, Serang

Megah dengan gaya masjid modern pada bangunan baru masjid Darussalam Pilar ini.

Masjid Darusalam yang satu ini adalah masjid yang berada di dalam kampung Pilar di Desa Serang, Kecamatan Cikarang Selatan. Desa Serang di Cikarang ini terkenal dengan pasar Serang yang menjadi biang kemacetan di setiap pagi dan sore hari baik dari arah lippo cikarang maupun dari arah Cibarusah.

Serang yang menjadi nama Desa ini berada di dalam wilayah kecamatan Cikarang Selatan, jangan terkecoh dengan Serang Baru yang merupakan nama kecamatan di sebelah selatan Cikarang Selatan, tepatnya lagi Serang Baru adalah kecamatan yang letaknya di sebelah selatan Desa Serang ini, penamaan Serang Baru justru untuk membedakannya dengan nama Desa ini yang sudah kadung menjadi ibukotanya Cikarang Selatan.

Masjid Darussalam
Jl. Mesjid Darussalam Pilar, Desa Serang
Kec. Cikarang Selatan. Kab. Bekasi, Jawa Barat 17530
Indonesia


Lalu dimana letak kampung Pilar tempat masjid Darussalam ini berada ?. Letaknya berada kira kira di belakang Pasar Serang itu tadi. Ada ruas jalan yang membentang di kampung pilar ini membentang dari sekitar gerbang perumahan Lembah Hijau Lippo Cikarang hingga ke jalan Cicau yang berada disebelah pom bensin Pasar Serang.

Jadi bila anda akan berkunjung ke masjid Darussalam ini, ada dua alternative jalan termudah, yakni dari jalan kampung dari sekitar pintu gerbang perumahan Lembah Hijau Lippo Cikarang, bila anda dari arah ini maka harus hati hati Karena jalan yang dilalui sangat menanjak, itu sebabnya orang orang disana seringkali bilang bila mau ke kampung pilar ini disebutnya naik ke kampung pilar karena memang elevasi  yang lebih tinggi daripada muka tanah di ke kawasan (industri).

Interior Masjid Darussalam 

Akses lainnya dari ruas jalan Cicau, Lokasi Masjid ini kira kira dipertengahan jalan antara Cicau ke Lembah Hijau. Tak usah khawatir nyasar, bila bingung tinggal tanya sana sini, kampungnya ramai sekali dengan rumah rumah kontrakan berjejer jejer. Beberapa di kampung ini yang sangat dekat dengan kawasan industry menyediakan tempat di kampung ini bahkan membuka bisnis penitipan sepeda motor bagi karyawan yang tidak menyediakan tempat parkir di tempat kerjanya.

Masjid Darussalam ini aslinya berupa bangunan masjid tradisional Indonesia dengan atap limas dan sokoguru ditengah ruangannya. namun kemudian diperluas ke sisi selatan dan timur dengan ukuran jauh lebih besar dari bangunan aslinya. bangunan tambahannya yang baru ini dibangun dengan gaya bangunan modern sama sekali berbeda dengan bangunan lamanya.


Area tambahan masjid Darussalam di sisi selatan dan timur 

Bangunan baru nya ini menghabiskan seluruh sisa lahan masjid tanpa menyisakan sediktipun untuk lahan parkir kendaraan. Sebuah sumur di halaman depan masjid ini, kini juga masuk ke dalam bangunan masjid ditutup bagian atasnya menyisakan sedikit lubang untuk kontrol ditutup dengan jaring kawat besi behel. 

Pasokan air untuk masjid ini memang dari sumur terebut yang disedot menggunakan pompa air. itu sebabnya air wudhu di masjid ini bebas dari aroma kaporit. Air dari pompa ditampung ke dalam bak besar yang ditinggikan, dari bak ini baru kemudian dipasang beberpa keran air untuk kepentingan jemaah berwudhu.***  

Fasad depan masjid darussalam
Rongga Jendela di bangunan baru yang belum dipasang daun jendela.
Kubah alumunium di puncak atap bangunan lama
Papan Nama Masjid diatas pintu masuk.