Minggu, 21 Mei 2017

Masjid Al-Hidayah Pancawati, Klari

Mungil tapi indah, Masjid Al-Hidayah desa Pancawati, Karawang

Hanya beberapa meter dari pertigaan Kosambi menuju ke Desa Telagasari, disisi kiri jalan raya dipinggir kali irigasi anda akan menemukan sebuah masjid mungil yang cukup unik dengan warna yang cukup terang benderang. Ukurannya memang tidak terlalu besar tapi bentuknya yang unik itu yang memang menarik perhatian.

Bentuk dasar bangunannya sebenarnya adalah masjid khas Indonesia dengan atap joglo, namun kemudian atap tumpang di bagian atasnya dimodifikasi dengan bentuk baru yang cukup menarik, hasilnya tetap dengan pola dasar masjid beratap tumpang bersusun tiga, hanya saja dua susun atap paling atasnya itu yang berbeda dari masjid masjid lainnya.

Masjid Al-Hidayah Pancawati
Jl. Kosambi-Telagasari, Desa Pancawati
Kec. Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41371



Keunikan lain yang tak biasa di masjid ini adalah tiga menaranya yang dibangun di atap masjid. Dua menara dibangun serupa sebagai menara kembar di atap masjid di sisi depan, bentuknya sederhana namun cukup kreatif dalam ide, menghasilkan bentuk menara yang sederhana namun dengan sentuhan futuristik.

Menara ketiga justru yang paling unik, sangat berbeda dengan dua menara lainnya. Bentuknya sedikit lebih rumit dari dua menara lainnya, di ujung menara ditempatkan sebuah kubah kecil bewarna hijau yang dibingkai dengan kerangka beton mencengkram tiga sisinya.

Detil Puncak Atap Masjid Al-Hidayah Pancawati

Pembangun masjid ini seakan tak mau kehilangan unsur kubah pada karyanya meskipun hanya berupa kubah berukuran kecil di puncak menara kembarnya, sekaligus mengkombinasinya dengan sentuhan futuristik di sisi lain tetap mempertahankan pola masjid tradisional asli Indonesia.

Selain masjidnya yang unik, Desa tempat masjid ini berdiri sebenarnya juga cukup menarik perhatian, Desa Pancawati, nama yang sangat fenimim dengan kata wati di belakang namanya itu. Belum sempat berbincang dengan tetua disana tentang nama desa yang unik ini, pastinya ada sejarahnya sendiri sehingga bernama demikian.***

Detil menara Masjid Al-Hidayah Pancawati
Lokasi Masjid Al-Hidayah