Minggu, 02 April 2017

Masjid Jami’ Al-Huda Karya Mukti, Karawang

Masjid Jami Al-Huda Desa Karya Mukti, Kecamatan Lemahabang, Karawang.

KEKAR, itu kesan pertama melihat bangunan masjid ini. Masjid Jami’ Alhuda begitu nama yang terpampang di depan masjid ini dalam aksara Arab yang apik. Perpaduan jejeran pilar segi empat di bagian teras kiri dan kanan dengan lengkungan lengkungan ditambah dengan pagar di lantai atas-nya yang membuat masjid ini tampak begitu kekar.

Masjid Jami’ Al-huda
Jl. Buahaseum No.148 Desa Karyamukti, Kec. Lemahabang
Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41383




Jejeran pilar dan lengkungan serta pagar ini sejatinya adalah sisi terluar bangunan masjid ini yang menutup bangunan utamanya. Bangunan utamanya sendiri berlantai dua dengan bentuk bangunan masjid asli Indonesia dengan atap limas bersusun tiga. Tumpukan atap teratasnya dibuat sangat mungil cukup untuk meletakkan pengeras suara.

Dibagian ujung tertinggi atap dilengkapi dengan satu kubah metal berukuran kecil dengan ornamen lafazd Allah di puncak tertinggi. Masjid ini tidak dilengkapi dengan menara, itu sebabnya perangkat pengeras suaranya ditempatkan di atap tertingginya dan beberapa lainnya ditempatkan di pagar lantai dua.

Teras Selatan Masjid Jami' Al-Huda dibawah siraman sinar mentari senja. 

Lokasi masjid ini berada di sisi timur ruas Jalan Syech Quro di tengah desa Karyamukti kecamatan Lemah Abang, Kabupaten Karawang. Karena lokasinya itu membuat sisi kiblatnya mengarah ke jalan raya. Bagian setengah lingkaran berdinding kaca pada fasad depan masjid seperti pada foto diatas adalah bagian mihrab masjid ini.

Mihrabnya mirip dengan Masjid Aimmatil Mujtahidin di desa Lemahabang yang berada di ruas jalan yang sama dengan masjid ini. Sama sama berdenah setengah lingkaran dan menggunakan dinding kaca serta dilengkapi dengan sebuah mimbar mungil di dalam mihrab. Hanya saja di masjid ini hampir seluruh dinding mihrabnya menggunakan glass wall dan mimbar dimasjid ini dibuat dari beton, tidak dengan kayu seperti di masjid Aimmatil Mujtahidin.***

Mihrab dan mimbar Masjid Jami' Al-Huda 
Plang nama Masjid Jami' Al-Huda
Salah satu Ornamen hias di sisi kiblat.


2 komentar:

  1. Assalaamu'alaikum Wr Wb
    Alhamdulillah..
    Sekarang Aku jadi Salah Satu Pengurus Masjid Al Huda ini..
    Mohon Do'a dan dukungannya agar tercipta Kemakmuran Masjid ini.
    Terimakasih.

    BalasHapus

hindari komentar yang berbau SARA