Sabtu, 29 April 2017

Masjid Al-Ihsan Komplek KPR BTN Sukadana, Kayu Agung

Masjid Al-Ihwan di ruas jalan H. Ilyas di dalam komplek KPR BTN Sukadana, Kayu Agung.

Masjid satu ini berukuran cukup besar meskipun tak berstatus sebagai masjid Jami. Lokasinya berada di dalam komplek perumahan KPR BTN dan Lestari Permai, Kelurahan Sukadana, Kecamatan Kayu Agung Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Bangunan masjidnya dibangun dalam arsitektur asli Indonesia dengan atap limas bersusun, seperti halnya kebanyakan masjid masjid di kota kayu Agung dan Sumatera Selatan pada umumnya. Bangunan-nya berdenah segi empat dengan empat sokoguru penopang struktur atap-nya. Ruang dalam masjid ini sudah dilengkapi dengan AC sehingga suasananya cukup sejuk ditengah kota Kayu Agung yang panas.

Masjid Al-Ihsan
Komplek KPR BTN dan Lestari Permai
Kelurahan Sukadana, Kec. Kota Kayu Agung
Kab. Ogan Komering Ilir 30614, Sumatera Selatan



Ruang mihrabnya dibangun menjorok keluar bangunan, sebuah ukiran khas Palembang menghias bagian muka mihrabnya berbentuk sebuah gapura yang menawan dalam balutan warna emas. Ruang mihrabnya lumayan besar cukup untuk menempatkan satu mimbar berukir, satu Jam berdiri berukuran besar dan satu lemari kaca khas Palembang. Pernik kayu lainnya di dalam masjid ini adalah partisi untuk Jemaah wanita yang juga menggunakan kayu yang dirancang dapat dipindah pindahkan sesuai kebutuhan.

Satu buah beduk berukuran besar juga disimpan di bagian dalam masjid ini. Area berwudhu dan toiletnya berada di halaman depan masjid. Halaman depan masjid ini seluruhnya sudah di lapis dengan keramik. Dari luar tampak bangunan masjid ini dalam balutan warna biru dengan pintu dan jendelanya bagian atasnya dibuat berbentuk lengkungan.***

Interior Masjid Al-Ihsan
Dari arah perumahan
Full sejuk atau sejuk nya Full
Tempat wudhu dan toilet di depan masjid.