Minggu, 19 Maret 2017

Masjid Ponpes Darul Ulum Bakan Pojok, Cintaasih

Megah diantara hijaunya sawah dan pepohonan

Masjid satu ini berada di dalam kompleks Pondok Pesantren Darul Ulum di kampung Bakan Pojok, Desa Cintaasih, kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang. Berdiri dilingkungan yang masih asri di alam pedesaan yang tenang jauh dari kebisingan. Petak petakan sawah dengan padinya yang mulai menguning menjadi suguhan pemandangan yang menawan saat singgah sejenak ke komplek Ponpes ini.

Ponpes Darul Ulum
Kp.Bakan Pojok RT 03/01 Desa Cintaasih
Kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang     
Jawa Barat, Indonesia
Telepon : 081380286011



Sekilas Pondok Pesantren Darul Ulum Bakan Pojok

Pondok Pesantren Darul Ulum di Bakan Pojok ini merupakan salah satu pondok pesantren tua di kabupaten Karawang yang masih kuat memegang teguh sistem Salafiyah dengan rujukan kitab – kitab kuning meneruskan tradisi leluhur ulama terdahulu.

Pondok pesantren Darul Ulum didirikan tahun 1942 oleh empat bersaudara putra dan putri dari Lurah Namin alias Haji Abdulloh yang merupakan Lurah Desa Gombong Kecamatan Pangkalan. Beliau menikah dengan Hajah Fatimah dan dikarunuiai empat orang anak, tiga anak laki-laki dan satu anak perempuan yang semuanya menjadi ulama dan kemudian mendirian Pondok Pesanten Darul Ulum ini.

Ke empat putra dan putri mendiang Lurah Namin tersebut adalah KH Hasan Mustofa, KH Ali Mundziri, Hj Hasanah dan KH Ahmad Badri. Santri putra dikelola oleh KH Hasan Mustofa, KH Ali Mundziri, KH Ahmad Badri dan santri putri di kelola oleh Nyai Hj Hasanah, sampai saat ini dilanjutkan oleh penerus anak cucunya dan hingga saat ini makam ulama para pendiri pesantren ini ramai diziarahi masyarakat dari berbagai daerah.

Dari jalan masuk menuju ke komplek pesantren

Pimpinan umum Pesantren Darul Ulum saat ini dipegang oleh KH Didin Sirojuddin meneruskan kepemimpinan mendiang KH. Cep Miftahul Husna. Sementara Darul Ulum Al Banat (putri) pimpinan KH Zainal Abidin (Almarhum) saat ini dipimpin oleh putranya yaitu Ajengan Dudu Badrudin dan dikelola bersama oleh KH Aang Yazid Bustomi dan Ajengan Didi. Sedangkan Al-Banat Junior dikelola oleh Ustad Obay, Ustadzah Ani, Ustadzah Imas. Ada juga Darul Ulum putri Al-Barokah di pegang oleh Mama sepuh KH Duyeh Jalaludin.


Pesantren Darul Ulum ini sudah banyak mencetuskan para alumni yang menjadi ulama – ulama kesohor di berbagai daerah yang banyak berkiprah memperjuangkan dakwah islamiyah di masyarakat. Termasuk di Kabupaten Bekasi terdapat ulama masyhur terkenal yaitu Mama’ Ajengan Zarkasih (alm.) yang berada di Kampung Rawa Bangkong Desa Serta Jaya Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten bekasi – Jawa Barat.***

Komplek Pondok Pesantren Darul Ulum Bakan Pojok
Papan nama di jalan akses ke pondok pesantren