Minggu, 12 Maret 2017

Masjid Jami Baiturrohman Cikedokan

Masjid Jami' Baiturrohman kp. Cikedokan dari seberang sawah

Cikedokan adalah nama kampung sekaligus nama Desa di Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Lokasinya berada di belakang kawasan Industri MM2100 Cibitung, dan Masjid Baiturrohman ini berdiri tak jauh dari Kantor Kepala Desa Cikedokan di ruas jalan desa yang menghubungkan desa Cikedokan dengan Desa Cibening, kecamatan Setu.

Masjid Jami’ Baiturrohman ini juga merupakan masjid terdekat dengan objek wisata sejarah “Saung Ranggon” atau “Rumah Tinggi” yang merupakan Cagar Budaya dan disebut sebut sebagai bangunan tertua di Kabupaten Bekasi. Bangunan rumah dari kayu ini merupakan rumah persembunyian Raden Rangga, Putra Pangeran Jayakarta.

Masjid Jami' Baiturrohman
Jalan Desa Cikedokan, RT.01 Desa Cikedokan
Kec, Cikarang Barat. Kab. Bekasi,
Jawa Barat, Indonesia



Bila dari arah Kantor Kepala Desa Cikedokan, menuju ke Saung Ranggon, Masjid Jami Baiturrohman ini berada di pertengahan jalan dari Kantor Kades menuju ke Saung Ranggon. Posisinya disebelah kiri jalan tepat di tikungan kampung Cikedokan.

Bangunan Masjidnya berupa bangunan masjid bergaya tradisional Nusantara dengan atap limas tanpa bangunan menara. Saat ini, Pengurus masjid berencana melakukan renovasi terhadap bangunan masjid ini dan membuka peluang bagi siapa saja untuk berinfak dan beramal Jariyah.***

Masjid Jami' Baiturrohaman dari arah jalan Desa Cikedokan
Papan nama Masjid Jami' Baiturrohaman