Sabtu, 18 Maret 2017

Masjid Jami’ Baitul Amanah Cariu

Masjid Jami' Baitul Amanah Cariu 

Masjid megah satu ini berada di ruas jalan raya Jonggol Cariu, kira kira separuh jalan dari pertigaan Cibucil ke Alun Alun Kecamatan Cariu. Lokasinya berdiri di tikungan jalan kampung Nyomot, Desa Tegal Panjang, Kecamatan Cariu. Di tepian ruas jalan jalur selatan yang cukup ramai kendaraan menghubungkan kabupaten Bogor dengan kabupaten Cianjur

Karena lokasinya yang berada di tikungan seperti itu membuat Jemaah baik yang berjalan kaki ataupun yang berkendara dan akan masuk atau keluar dari pekarangan masjid ini memang harus ekstra hati hati, mengingat ruas jalan ini hampir tak pernah sepi dari lalu lalang kendaraan bermotor.

Interior Masjid Jami' Baitul Amanah Cariu dari arah pintu utama.

Masjid Jami’ Baitul Amanah Cariu
Jalan Raya Jonggol-Cariu, Kampung Nyomot, Desa Tegalpanjang,
Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor. Jawa Barat 16840

Pondok Pesanten Ar-Risalah Cariu
Telp. 021-89960022, email. risalahnews.redaksi@gmail.com
Facebook : Pondok Pesantren Ar-Risalah Cariu
Twitter : @jurwiarrisalah



Masjid Jami’ Baitul Amanah ini merupakan bagian dari Pondok Pesantren Ar-Risalah Cariu yang seluruh bangunannya berada dibagian belakang masjid ini. Di hari libur masjid ini cukup ramai Jemaah yang menyempatkan singgah kesana untuk menunaikan sholat dan juga termasuk keluarga dari para santri pesantren yang sedang berkunjung.

Meski bangunan masjidnya tidak terlalu luas dan hanya satu lantai namun bangunannya cukup megah dengan dua menara menjulang mengapit bangunan utama. Pekarangannya cukup luas untuk parkir kendaraan bermotor. Area tempat wudhu dan toiletnya dipisahkan bagi Jemaah pria dan wanita, tersedia juga warung yang menjual aneka makanan ringan dan minuman.

Pondok pesantren Ar-Risalah yang berada di belakang masjid ini merupakan bagian dari Yayasan Ar-Risalah yang berpusat di Jakarta. Pondok yang ada di Kawasan Cariu ini tentu saja menghadirkan suasana yang berbeda bagi para santri dengan suasana Cariu yang relatif masih asri, sejuk dan berpemandangan alam cukup menawan.***

Pemberitahuan di pintu masjid.
Kegiatan Pondok pesantren Al-Risalah dipampang di halaman masjid Jami Baitul Amanah.