Minggu, 19 Februari 2017

Masjid Jami’ Baitul Huda Cawang, Jakarta Timur

Masjid Jami Baitul Huda, Cawang

Masjid Jami’ Baitul Huda ini berada di ruas jalan masjid bendungan tepat dipertigaan dengan jalan masjid bendungan di kelurahan Cawang, kecamatan Kramat Jati, Kota Jakarta Timur. lokasinya tepat bersebelahan dengan gapura RW 07 Kelurahan Cawang, setelah melewati jembatan menyeberangi kali kecil di depan masjid.

Masjid Jami Baitul Huda
No., Jl. Mesjid Bendungan No.2, RT.12/RW.7, Cawang, Kramatjati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630



Bangunan masjidnya cukup besar, bangunan beton berlantai dua di atas lahan yang tidak terlalu luas membuatnya tidak memiliki lahan parkir kendaraan. Jemaah yang membawa kendaraan memang cukup sulit untuk menemukan tempat parkir, ditambah lagi dengan ruas jalan di depannya yang tidak terlalu lebar. Masjid ini juga mengelola sebuah Madrasah dengan nama yang sama dengan masjidnya.

Interior Masjid Jami' Baitul Huda

merujuk kepada data dari Kemenag, Masjid Jami’ Baitul Huda ini dibangun tahun 1993 di atas lahan wakaf seluas 540m2 dan hampir seluruh lahan tersebut kini sudah tertutup oleh bangunan masjid. Warna hijau, kubah beton dan papan nama di pagar depan-nya menjadi penanda bahwa bangunan ini adalah masjid, maklum mengingat bentuk dan tinggi bangunannya tidak jauh berbeda dengan bangunan hunian disekitarnya.***