Minggu, 29 Januari 2017

Mushola di Komplek Pamakaman Adipati Singaperbangsa

Mushola di komplek makam Adipati Singaperbangsa Karawang

Mushola satu ini berada di komplek Pemakaman Bupati Karawang Kyai Panembahan Singaperbangsa, di Desa Manggungjaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang.  Persisnya berada di sisi utara bangunan makam Para Bupati Karawang, bersebelahan dengan bangunan pendopo dan merupakan salah satu fasilitas pendukung di komplek pemakaman Bupati Karwaang ini yang dibangun oleh pemkab Kabupaten Karawang. Bangunan mushola berdenah segi empat beratap limas bersusun tanpa tiang penyangga tengah. Dengan tiga pintu akses dari sisi utara selatan dan timur.

Di bulan desember 2012 yang lalu radar karawang sempat memuat laporan berjudul Makam Singaperbangsa Kurang diperhatikan yang menyoroti masalah fasilitas terutama toilet dan kurangnya perawatan terhadap situs tersebut, Senin 9 Februari 2016 ketika kami mampir kesana kondisi toilet disamping masjid dikomplek tersebut sepertinya sudah baru hanya saja masih menyisakan masalah pasokan air yang tidak mengalir dan pengunjung harus kembali ke toilet lama di belakang masjid untuk mendapatkan air dengan menimba langsung dari sumur untuk keperluan bersuci dan sebagainya.

Desa Manggung Jaya, Kecamatan Cilamaya Kulon
Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41384


Sebagai sebuah bangunan mushola yang sengaja di bangun di dalam komplek pemakaman para bupati, mushola ini memang di khususkan sebagai tempat ibadah bagi para pengunjung komplek ini termasuk masyarakat umum maupun para pejabat kabupaten Karawang yang sedang berkunjung kesana. Meski berada di komplek pemakaman Bupati Karawang, khususnya Adipati Singaperbangsa, namun bangunan mushola ini tidak ada kaitan sejarah dengan beliau, karena memang dibangun bersamaan dengan pembangunan komplek pemakaman ini sebagai komplek pemakaman para Bupati Karawang.***

Sesaat setelah matahari terbit
Ngaso, bagian atap yang terlihat di sisi kanan foto adalah bagian dari pendopo yang ada di komplek ini.
Diantara ridangnya pepohonan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA