Sabtu, 14 Januari 2017

Masjid YAMP Al-Hidayah Teluk Ampel

Senja jatuh di masjid Al-Hidayah

Masjid Jami’ Al-Hidayah merupakan salah satu bangunan masjid yang dibangun oleh Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila (YAMP) pada era Presiden Suharto. Masjid ini merupakan salah satu masjid YAMP di wilayah Kabupaten Karawang, tepatnya berada di kampung Teluk Ampel, Desa Karyamakmur, kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang, Propinsi Jawa Barat. Lokasinya tidak berada di tepian jalan raya Batujaya namun agak sedikit masuk beberapa meter dari jalan utama. namun terlihat dengan jelas dari kejauhan.

Masjid YAMP Al-Hidayah
Teluk Ampel, Desa Karyamakmur, Kecamatan Batujaya
Kabupaten Karawang, Jawa Barat



Seperti masjid masjid YAMP lainnya, bangunan masjid Jami’ AL-Hidayah inipun dibangun dengan arsitektur asli Indonesia seperti rupa bentuk Masjid Agung Demak. Atap limas bersusun tiga ditambah dengan teras di ketiga sisi luarnya. Dan di bagian dalam masjid tidak dilengkapi dengan sokoguru penyanggah atap memberikan ruang yang tekesan lebih lega.

Prasasti pembangunan masjid ini diletakkan di tembok bagian dalam sebelah utara dan ditandatangani langsung oleh mendiang presiden Suharto, meski plakat di masjid ini tidak dilengkapi dengan tanggal pembangunan. Sore hari menjelang magrib di dalam masjid ada seorang pengurus masjid yang sedang khusu’ melantunkan ayat ayat suci Al-Qur’an sembari menunggu tibanya waktu magrib dan Jemaah satu persatu berdatangan.*** 

Foto Foto Masjid YAMP Al-Hidayah Teluk Ampel

Di tepian jalan masuk ke kampung Teluk Ampel
Plakat peresmian masjid oleh Pak Harto
Di dalam masjid
Struktur Organisasi Pengurus Masjid Jami' Al-Hidayah