Minggu, 22 Januari 2017

Masjid Jami’ Nurul Huda Cibucil

Masjid Jami Nurul Huda Cibucil, megah dengan warna hijau

Masjid Jami’ Nurul Huda berada di Kampung Cibucil Desa Sukamanah kecamatan Jonggol, kabupaten Bogor, berada di sisi kanan ruas jalan cileungsi – jonggol, tidak jauh dari pertigaan Cibucil ke arah Jonggol. Masjid besar dengan balutan warna hijau nyaris di seluruh badang bangunannya lengkap dengan satu menara menjulang di halaman masjid.

Masjid Jami Nurul Huda
Jl. Raya Jonggol, Kp. Cibucil, Desa Sukamanah
Kec. Jonggol, Kab. Bogor, Jawa Barat 16830



Masjid Jami’ Nurul Huda Cibucil ini dibangun dua lantai, tangga akses nya berada di sisi kiri pintu masuk di luar masjid berdampingan dengan toilet dan tempat wudhu pria. Tangganya bisa di akses langsung dari area tempat wudhu dan juga dari halaman depan masjid. Di lingkungan masjid ini juga terdapat Raoudhatul Athfal (Taman Kanak Kanak) Tarbiyatul Fallah dan Pondok Pesantren Tarbiyatul Fallah Nurul Huda.

atap masjid ini menggunakan atap joglo dengan satu kubah beton di bagian teratasnya, dilengkapi dengan bentuk bentuk Menara di ke empat sudut atapnya. baik lantai satu maupun lantai duanya dilengkapi dengan teras di ke tiga sisi bangunan. Di samping bangunan utama di atas area tempat wudhu pria juga terdapat ruangan kosong yang sewaktu waktu juga dapat difungsikan sebagai ruang sholat tambahan.

Ruang sholat lantai 1

Di belakang masjid (sisi selatan) di samping area tempat wudhu terdapat beberapa kuburan yang cukup terawat mungkin kuburan dari tokoh setempat atau tokoh yang berkaitan dengan masjid ini. masih di area yang sama ditempatkan gentong plastik berukuran besar untuk penampungan air untuk memasok kebutuhan air ke toilet dan tempat wudhu. Ada tempat wudhu dan toilet lain nya di sisi utara masjid atau di sisi jalan raya namun berukuran lebih kecil, khusus untuk jemaah wanita.

Di dalam bangunan berdiri empat soko guru dari beton menyanggah struktur lantai dua bangunan dan struktur atapnya. satu buah mimbar dari kayu berukir ditempatkan di dalam ruang mihrab. sementara satu jam berukuran besar ditempatkan di sisi lain mihrab. Ada satu jadwal sholat abadi tulisan tangan di gantung di dinding sisi kiblat, jadwal sholat yang terlihat sudah cukup berumur tua dibuat oleh KH. R. Abdullah Bin Nuh dari Islamic Center kota Paris, Bogor. di pasang berdampingan dengan satu jam dinding antik.

di atas lantai 1

Singgah ke masjid ini di penghujung Desember 2016 untuk menunaikan sholat Asyar, bertepatan dengan rombongan berseragam putih putih Laskar FPI Cibarusah yang juga sedang menunaikan sholat Asyar berjamaah di masjid ini. beberapa dari mereka menggunakan kaos bertuliskan Aksi Bela Islam. tak sempat bertanya ataupun berbincang dengan mereka yang tak lama setelah sholat berjamaah langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan roda dua, konvoi ke arah Jonggol. Kampung Cibucil tempat masjid ini berdiri memang bersebelahan dengan wilayah kecamatan Cibarusah di Kabupaten Bekasi.***

Foto Foto Masjid Jami' Nurul Huda Cibucil

Dari lantai 2
di lantai dua
di bawah kubah
Jama'ah Asyar
Menara Masjid Jamie Nurul Huda ini diresmikan pada tanggal 9 Maret 2013, oleh Kepala Desa Sukamanah, RH. Yadi Haryadi
Tangga akses ke lantai dua masjid dari halaman depan masjid. Di latar belakang adalah bangunan menara masjid. yang dibagian bawahnya dijadikan semacam area pendopo terbuka.

            -------------------ooo000ooo-------------------

Baca Juga Masjid di Bogor Lain nya