Minggu, 15 Januari 2017

Masjid Jami’ Nashrullah Medang Asem

Indah dan unik di tepian kanal irigasi, Masjid Jami' Nashrullah Desa Medangasem

Masjid Jami’ Nashrullah ini salah satu masjid di kabupaten Karawang yang memiliki atap yang sangat khas. Selain majid ini masih ada beberapa masjid masjid lainnya di Kabupaten Karawang dengan rancangan atap unik seperti ini, salah satunya adalah Masjid Jami’ Nurul Ikhsan Segaran Kecamatan Batujaya yang juga berada di tepian kali yang sama.

Masjid Jami’ Nashrullah
Kampung Bubulak, Desa Medang Asem
Kecamatan Jaya Kerta Kabupaten Karawang
Jawa Barat, Indonesia



seperti juga atapnya yang khas, kehidupan sosial budaya masayakat disini juga khas. Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani sawah yang sangat tergantung kepada pasokan air dari kanal irigasi yang melintas di wilayah ini dari bendungan jatiluluhur hingga bermuara ke laut utara Jawa.

Aliran air di kanal irigasi inipun menjadi bagian dari kehidupan masyarakat disana. Untuk keperluan Mandi, mencuci dan sebagainya sangat tergantung pada aliran kali irigasi tersebut. dibeberapa lokasi memang disedikan undakan undakan tanga akses menuju ke kali termasuk di depan masjid Jami’ Nashrullah ini, sehingga sudah menjadi pemandangan umum di pagi dan sore hari ada aktivitas warga yang sedang mandi atau mencuci, di kali di depan masjid ini.***