Selasa, 24 Januari 2017

Masjid At-Taqwa Sukamenang Gelumbang

#masjid masjid di tanah Belida

Bangunan baru Masjid At-Taqwa Desa Sukamenang. dari arah utara atau dari arah sungai

Sukamenang adalah salah satu desa di Kecamatan Gelumbang, kabupaten Muara Enim, propinsi Sumatera Selatan. Masjid ini sudah pernah di posting di blog ini sebelumnya dengan judul “Masjid Tua Talang Menerai”. Namun bangunan masjid yang dibahasa dalam posting tersebut kini sudah tidak ada lagi, berganti dengan bangunan masjid yang kini berdiri di tempat yang sama.

Talang Menerai adalah nama asli desa Sukamenang sebelum kemudian di Indonesia-kan menjadi Sukamenang, nama yang kini dikenal. Desa ini bukanlah satu satunya desa di Kecamatan Gelumbang dan sekitarnya yang diganti dengan nama yang lebih Indonesia menggantikan nama asalnya yang sangat Belida Sekali.



Bangunan yang kini berdiri masih dengan langgam yang sama dengan bangunan sebelumnya hanya saja dengan ukuran yang lebih besar. Bangunan masjid dengan atap limasan bersusun dua khas Indonesia. Di ujung atapnya dipasan ornamen kubah dari bahan metal berukuran kecil. Hampir seluruh lahan masjid sebelumnya kini menjadi luasan masjid baru ini. Menara tunggalnya yang khas sebelumnya berdiri kokoh di sudut timur laut bangunan lama kini sudah tidak ada lagi.

Bagaimanapun konservasi sejarah kadangkala tak dapat dilakukan manakala terbentur dengan kebutuhan, termasuk dengan konservasi masjid bersejarah, bangunan lama masjid At-Taqwa ini sudah berumur cukup panjang dengan arsitekturnya yang khas masjid masjid sumatera, namun memang muslim disana membutuhkan masjid yang lebih luas untuk menampung jemaahnya yang makin bertambah dari hari ke hari.***

Foto Foto Masjid At-Taqwa Sukamenang

Masjid At-Taqwa dari arah selatan (menuju ke arah sungai)
diantara rumah penduduk dari sisi utara
Dari arah Jembatan di utara desa
Atap limas bersusun khas Indonesia

Bangunan Baru Vs Bangunan Lama


BARU DAN LAMA. dari sisi utara. Foto atas : bangunan baru yang dibangun menggantikan bangunan lama (bawah)
BARU DAN LAMA. dari sisi selatan. Foto atas : bangunan baru yang dibangun menggantikan bangunan lama (bawah)
BARU DAN LAMA. Ujung atap masjid. Foto atas : bangunan baru yang dibangun menggantikan bangunan lama (bawah)

-----------------------oooOOOoo-----------------------

Baca juga artikel Masjid Gelumbang Lain nya