Minggu, 08 Januari 2017

Masjid “Aliando” Karawang

Masjid Jami' An-Nur, Jalan Lingkar Tanjung Pura, Karawang

Masjid megah yang berdiri sendirian diantara hamparan sawah di tepian sisi utara ruas jalan lingkar Tanjungpura ini bernama Masjid Jami An-Nur, namun kebanyakan orang justru menyebutnya Masjid Aliando karena memang dibangun oleh artis sinetron remaja Aliando Syarief dan keluarganya. Masjid Jami’ An-Nur ini diresmikan penggunaannya pada tanggal 22 Juni 2014 dihadiri oleh pihak keluarga Aliando Syarief, tokoh dan masayarakat setempat serta para fans.

Lokasinya memang berada diantara pesawahan dan lahan kosong di tepian ruas jalan lingkar Tanjung Pura, menjadikannya tempat satu satunya masjid dan tempat yang dapat disinggahi saat tiba waktu sholat ketika sedang berada di sekitar ruas jalan tersebut. Ruas jalan lingkar Tanjung Pura memang belum terlalu lama dibuka, wajar bila di kawasan ini masih sepi bangunan apalagi hunian, dan hal itu pula yang menjadi alasan mengapa masjid tersebut di bangun disana.

Masjid An-Nur
Jl. Lingkar Tanjungpura, Tanjungmekar
Karawang Barat., Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41316



Sekilas Masjid ini dibangun layaknya sebuah balairung istana lengkap dengan dua ‘singgasana’ yang salah satunya berfungsi sebagai mimbar khatib, tidak ada mihrab di masjid ini. Interiornya di-dominasi dengan beragam ornamen hias bewarna emas termasuk kotak amal, dan perabot perabot lainnya. hamparan karpet merah menutup seluruh permukaan lantai ruang dalam masjid ini. konsep terbuka sangat jelas diterapkan pada bangunan ini dengan aplikasi partisi kaca sebagai dinding masjid yang tingginya tidak full sampai ke atap memberikan sirkulasi udara yang baik dari sisi terbuka di atas partisi kaca. sementara untuk penerangan sangat irit dengan memanfaat sinar matahari di siang hari.

Secara umum, bangunan masjid An-Nur ini berdenah segi empat beratap beton dengan empat kubah berukuran kecil di ke-empat penjuru atapnya. Langgam Eropa sangat terasa pada penggunaan jejeran pilar pilar beton berukuran besar di tiga sisi bangunan-nya, di teras sisi timur masjid, ada satu perangkat beduk yang disebut sebut sebagai beduk terbesar di dunia.***

Interior Masjid An-Nur
Tidak ada ruang mihrab di masjid ini, pada tempat yang biasanya merupakan ruang mihrab dipasang ornamen bewarna emas seperti pada foto di atas.
langit langit masjid di dominasi warna putih dengan sentuhan warna emas, ornamen bintang segi delapan dan lampu lampu gantung kristal.
Beduk di masjid An-Nur, disebut sebut sebagai beduk terbesar di dunia
Masjid Jami An-Nur tahun 2013 saat sedang dalam proses pembangunan