Sabtu, 07 Januari 2017

Majid Jamie Al-Ulya Tanjung Mekar Karawang

Masjid Jamie Al-Ulya. Tanjung Mekar, Karawang

Masjid Jamie Jamie Al-Ulya berada di ruas jalan Rangga Gede Desa Tanjung Mekar, Kabupaten Karawang. Ruas Jalan Rangga Gede ini membentang dari bundaran di bawah jembatan laying Karawang hingga ke Jembatan Citarum di pasar Bojongsari di tepian kali Citarum di sisi wilayah kabupaten Bekasi.

Selain masjid Jamie Al-Ulya, di ruas jalan ini juga terdapat beberapa masjid lainnya meski sudah berbeda wilayah Desa, yakni Masjid Al-Hidayah yang begitu mewah dan masih gress dan Masjid Jami Al-Furqon yang berada disebelah kantor Lurah Tanjung Pura. Namun berbeda dengan dua masjid tersebut, masjid Jamie Al-Ulya ini berukuran lebih besar dan memiliki halaman yang cukup luas.

Masjid Al-Ulya
Jl. Rangga Gede, Telukmungkal RT.006 RW.012
Desa Tanjungmekar, Kec. Karawang Barat
Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41316, Indonesia



Merujuk kepada data di simaskemenag, masjid Jamie Al-Ulya ini dibangun tahun 1967 diatas tanah ber-Sertifikat Hak Milik seluas 2000 meter persegi dan luas bangunan 256 meter persegi. Bangunan masjid Al-Ulya berada di sisi selatan Jalan Raya Rangga Gede, halaman masjid berada di sisi timur dan selatan masjid sedangkan bangunan masjidnya rapat ke sisi lahan bagian barat dan utara. Sampai tulisan ini dimuat belum ada perubahan atau renovasi terhap bangunan masjid ini.***

Bangunan masjid nya satu lantai dengan atap yang sudah di cor. Ada tangga permanen dari beton di sisi utaranya untuk akses ke atap masjid, sepertinya lantai cor masjid ini juga digunakan sebagai tempat sholat pada waktu waktu tertentu. Area tempat wudhu ada sisi selatan, begitupun area parkir untuk motor yang sudah diberikan atap asbes lengkap dengan papan amaran kepada pemilik sepeda motor agar berhati hati.

Interior Masjid Jamie AL-Ulya

Pertama kali singgah ke masjid ini di bulan Desember tahun 2013 yang lalu untuk sholat magrib, ketika melintas di depan masjid bertepatan dengan berkumandangnya azan magrib. Jemaah magribnya cukup ramai termasuk anak anak. 

Melihat banyaknya anak anak di masjid mengingatkan kepada pesan dari Sultan Muhammad Al-Fatih sang penakluk Konstantinopel sekaligus pendiri Kekhalifahan Usmaniyah di Istambul, untuk senantiasa menanamkan kecintaan kepada masjid terhadap anak anak sejak usia dini dan itu tentu saja sejalan dengan wasiat Rosulullah SAW, sebagai pengingat bagi semua pengurus DKM untuk menjadikan masjid sebagai masjid yang ramah untuk anak anak.***.
 
Masjid Al-Ulya Ba'da Magrib
Area parkir motor masjid Al-Ulya
Amaran di area parkir motor


-------------------
                     
Artikel Masjid di Karawang Barat Lainnya

Masjid Al-Jihad Karangpawitan