Sabtu, 10 Desember 2016

Mesjid Al Ghammar Muhammadiyah Karawang

Masjid Al-Ghammar merupakan masjid yang berada di dalam komplek Islamic Center Muhammadiyah Karawang.

Sesuai dengan namanya, Masjid Al-Ghammar Muhammadiyah adalah Masjid milik Muhammadiyah yang berlokasi di Jalan akses toll Karawang Barat. Masjid Al-Ghammar merupakan bagian dari Islamic Center Muhammadiyah (ICM) Karawang, Selain dari Masjid Al-Ghammar, disini juga terdapat Aula Konvensi Ahmad Dahlan, Gedung Dakwah, Galery Islamic Book Store, kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Karawang dan pusat Manasik Haji & Umrah.

Keseluruhan Fasilitas Islamic Center Muhammadiyah ini berdiri diatas lahan seluas 8.000 meter persegi yang merupakan lahan wakaf dari H Saridin dan proses pembangunannya menghabiskan dana sekitar Rp. 100 Milyar rupiah yang berasal dari infak para jamaah Muhammadiyah dan sejumlah donatur.

Mesjid Al Ghammar Islamic Center Muhammadiyah
Wadas, Telukjambe Timur
Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361
Indonesia



Masjid Al-Ghammar dibangun oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Karawang diawali dengan peletakan batu pertama oleh Ketua Majelis Hikmah dan Kebijakan Publik PP Muhammadiyah Nazamudin Ramli, pada hari Ahad tanggal 30 Juni 2013 dan diresmikan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, pada hari Minggu 20 Desember 2012. Bangunan Masjid Al-Ghammar sendiri sudah mulai digunakan untuk sholat jum’at sejak tanggal 1 Januari 2016.

Spanduk kegiatan Ramadhan di Masjid Al-Ghammar

Dalam peresmian ICM Karawang tersebut, Haedar Nashir didampingi Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Karawang, Maman Kosman, dan Ketua Panitia, Yayan Mulyana. Dalam sambutannya, Haedar Nashir mengatakan, pembangunan ICM Karawang ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Ormas Muhammadiyah untuk tidak meninggalkan gerakan moral membangun bangsa dan tidak pula meninggalkan keilmuaan dan keagamaan.

Sementara Ketua Pelaksana Peresmian Islamic Center Muhammadiyah Karawang, Yayan Mulyana, mengatakan, dibangunnya Islamic Center Muhammadiyah Karawang bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah terutama dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Karawang yang lebih beradab, sejahtera dan relijius.***

-------------------

Artikel Masjid di Karawang Barat Lainnya
Masjid Al-Jihad Karangpawitan