Minggu, 04 Desember 2016

Masjid Darunnajah Megah di Lintas Timur Sumatera

Masjid Darunnajah Bumiarjo Makmur, Lempuing, Kabupaten OKI

Masjid Darunnajah merupakan masjid jami dan masjid utama di desa Bumiarjo kecamatan Lempuing kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan. Masjid yang megah dan begitu indah, berdasarkan data di kementrian agama, masjid ini dibangun tahun 2010 diatas tanah wakaf seluas 1250 meter persegi. Namun bila melihat foto di google street tahun 2015 memperlihatkan bangunan masjid masih dalam tahap pembangunan sekitar 80-90%, kemungkinan tahun 2010 adalah pembangunan masjid pertama sebelum bangunan masjid megah yang kini berdiri.

Masjid Darunnajah
Blok A, Desa Bumiarjo Makmur, Kec. Lempuing
Kab. OKI, Propinsi Sumatera Selatan
koordinat : 3°54'35.7"S 104°57'06.0"E



Pembangunan masjid ini memanfaatkan kontur tanahnya yang tidak rata sehingga memberikan ruang untuk membangun area parkir kendaraan roda dua di lantai dasarnya beserta tempat wudhu, kamar mandi, toilet, gudang dan ruangan pendukung lainnya. Lantai atas yang sepadan dengan permukaan jalan raya menjadi ruang utama masjid. terdiri dari dua lantai, lantai dasar merupakan area parkir kendaraan roda dua dan area utility masjid termasuk tempat wudhu dan toilet.

Desa Bumiarjo sendiri baru berdiri sebagai sebuah desa secara definitive pada tanggal 12 Nopember 2014 sebagai bagian dari upaya pemkab OKI untuk menggalakkan pembangunan dari Desa. Bpk. Abu Bakrin terpilih sebagai kepala desa untuk pertama kali di desa ini. Sebelumnya desa Bumiarjo Makmur merupakan bagian dari Desa Bumiarjo. Kantor kepala Desa Bumi Arjo ini diresmikan oleh Bupati OKI, Iskandar SE pada tanggal 3 Mei 2015.


Nama masjid di atas beranda

Bangunan masjid ini dibangun dengan rancangan bangunan masjid modern lengkap dengan kubah bawang tunggal bewarna hijau di atapnya, ditambah dengan Menara kembar di bagian atap sisi depan masjid. Sisi bangunan yang menghadap ke jalan raya dilengkapi dengan beranda dan sebuah beduk di tempatkan di area beranda ini. Posisi bangunan masjid berada di sisi utara jalan raya lintas timur sumatera, sehingga beranda yang menghap jalan raya merupakan sisi selatan masjid.

dasar menuju ke tempat wudhu, kamar mandi, WC dan area parkir kendaraan roda dua. Masuk ke dalam masjid langsung terlihat keindahan interior masjid ini yang ditata cukup apik meski ukurannya tak terlalu besar. Ada delapan Sokoguru bundar dari beton bediri kokoh di tengah ruangan menyanggah struktur atap. empat sokoguru menopang struktur kubah. empat sokoguru lainnya menopang struktur atap dibagian bawah kubah.

Beduk di beranda masjid

Masing masing sokoguru di hias dengan pola guratan batu alami sedangkan sisi dalam kubahnya di hias lukisan langit biru dengan sapuan awan putih yang memang sedang menjadi trend baru bangunan masjid masjid sat ini. cukup unik bagian bawah kubah masjid ini yang juga dlengkapi dengan ornament kisi kisi di sis bawahnya yang kemudian dilengpai dengan seakan akan bukaan jendela jendela kecil.

Mihrab masjid dihias dengan hias dengan ornamen floral bewarna emas dan kecoklatan. sepasang pilar kecil berdiri di kiri dan kanang muka mihrab. sedangkan sisi kiblat di dalam mihrab ini dihias dengan rangkaian kaligrafi alqur’an dan lafazd Allah di tengah tengahnya. Mimbar masjid dibuat dari kayu dengan bentuk yang minimalis. ***

Ekterior Masjid Darunnajah

Bulan Juni Tahun 2015
Indah meski dalam gelap
Menara sisi timur Masjid Darunnajah
Jendela depan Masjid Darunnajah
Kendaraan roda dua parkir di lantai dasar
Beranda
kaligrafi di beranda 

 Interior Masjid Darunnajah

bagian atas sokoguru
Khusu'
kalimat kedua Sahadat
under the dome
pojok kanan atas
langit di bawah kubah
Prayer hall
mihrab
detil mihrab
area jemaah wanita
Akses ke toilet di beranda timur
Lantai dasar

Area parkir kendaraan roda dua di lantai dasar (bawah masjid)
tempat berwudhu & Toilet