Sabtu, 31 Desember 2016

Masjid Agung Nurussa’adah Tanjung Raja

Masjid Agung Nurussa'adah Tanjung Raja

Masjid Agung Nurussa’adah merupakan salah satu masjid di Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan yang berada di tepian ruan jalan lintas timur Sumatera. Masjid megah dengan rancangan Masjid Modern berkubah tunggal di atapnya dengan dominasi warna hijau diseluruh bangunannya. Satu menara berbentuk sederhana berdiri di halaman samping terpisah dari bangunan utama.

Meski menyandang nama Masjid Agung, masijid ini bukanlah masjid Agung Kabupaten Ogan Ilir, dan Tanjung Raja juga bukan ibukota kabupaten bagi Kabupaten Ogan Ilir yang merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Ogan Komering Ilir. Masjid Agung Kabupaten Ogan Ilir berada di komplek perkantoran Pemerintahan kabupaten di Inderalaya.

Masjid Agung Nurussa’adah
Jalan lintas timur Sumatera, Desa Tanjung Raja Barat
Kec. Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia
Koordinat: -3.330976, 104.770554



merujuk kepada data kemenag, Masjid Nurussa’adah ini berstatus sebagai Masjid Jami’, dibangun tahun 1997 dengan luas bangunan 400 meter persegi berdiri di atas tanah wakaf seluas 1500 meter persegi. Dengan pekarangan yang cukup lega, masjid Agung Nurussa’adah ini cukup nyaman dijadikan persinggaha diperjalanan mudik, bagi para pemudik yang melintasai jalan lintas timur Sumatera, ataupun sekedar singgah untuk menunaikan sholat sholat saat melintas di Tanjung Raja.***

Menara masjid diantara rumah penduduk

---------------------------------------

Masjid di Ogan Ilir Lain-nya