Sabtu, 12 November 2016

Masjid Jami Al-Barkah Pinayungan, Karawang

Masjid Jami' Al-Barkah Pinayungan, Teluk Jambe Timur

Masjid Jami Al-Barkah berada di jalan raya Teluk Jambe di wilayah desa Pinayungan, kecamantan Teluk Jambe Timur, kabupaten Karawang. Bangunan masjid ini terdiri dari dua lantai. Tangga akses ke lantai dua diletakkan di teras sisi utara masjid (dari arah pintu pagar ke sebelah kanan). Begitu pun dengan area berwudhu dan toliletnya juga berada di sisi ini namun agak ke belakang bersebelahan dengan ruang sholat khusus jemaah akhwat.

Masjid Jami Al-Barkah
Jl. Raya Teluk Jambe, Pinayungan
Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang
Jawa Barat 41361



Bangunan masjid ini tampaknya, pada mulanya tidak dibangun berlantai dua namun berupa masjid satu lantai dengan struktur bangunan yang cukup tinggi. Baru kemudian ditambahkan lantai mezanin diatasnya sebagai ruang sholat di lantai dua masjid. Kesan itu terasa di lantai dasar di bawah lantai dua yang terasa tidak terlalu tinggi seperti layaknya bangunan yang sengaja dibangun berlantai dua sejak awal, terlebih lagi di lantai dua dengan sisi tembok lebih pendek namun tertolong dengan bukaan atas yang tanpa plafon.***


HIJAU. interior lantai dasar masjid ini di dominasi warna hijau baik di tembok hingga karpet sajadahnya.
area lantai dua. Perhatikan sisi dindingnya yang berjendela kecil kecil itu, tampak begitu rendah, itu sebabnya kami menduga masjid ini awalnya tidak dibangun berlantai dua, lantai dua ini ditambahkan kemudian setelah masjid berdiri.
Lampu gantung, mihrab. mimbar dan kotak amal. sesuatu yang sudah begitu identik dengan masjid.