Sabtu, 01 Oktober 2016

Masjid Nurani, Kranji, Bekasi

Nama yang tak biasa. Masjid di Nurani Keranji kota Bekasi.

Nama Masjid satu ini memang cukup menarik perhatian dan tak biasa. Masjid Nurani begitu namanya. Bangunan megah nya terlihat jelas dari arah jembatan Keranji Bekasi. Masjid dengan rancangan modern ini berada di ruas jalan I Gusti Ngurah Rai, Kranji, Bekasi Barat. Masjid dengan Kubah tunggal di atap bangunan utamanya ditambah dengan Menara yang juga berupa Menara tunggal. Keseluruhan ekterior masjid ini hanya menggunakan satu warna saja.

Izin rencana tapak di badan pelayanan perizinan terpadu (BPPT) Kota Bekasi pada tanggal 3 Januari 2013 dengan nomor izin 653/1/BPPT/I/2013 diajukan oleh IR. H. Soeharto untuk masjid Nurani yang beralamat di Jl. I Gusti Ngurah Rai RT 008/010 Kelurahan Kranji, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi [i].



Bangunan masjid ini terdiri dari dua lantai. lantai dasar dipergunakan sebagai ruang pertemuan yang dapat dipergunakan untuk acara acara pernikahan dan lainnya. kantor pengelola dan fasilitas pendukung lainnya termasuk tempat wudhu dan toilet juga ditempatkan di lantai dasar. Ruang sholat berada di lantai dua, dihubungkan dengan tangga besar dari pelataran depan bangunan dengan beranda yang cukup luas.

Ruang sholat masjid ini cukup nyaman dengan hamparan karpet merahnya yang empuk. Empat pilar bundar menopang struktur atapnya yang didominasi oleh kubah utama dengan warna keemasan. Di sisi bawah kubah ditempatkan jejeran jendela jendela kaca sebagai sumber cahaya matahari di siang hari. Mihrab masjid ini penataannya sangat apik meski tidak berkesan glamor dan megah. Tidak ada bukaan untuk penerangan alami, namun cahaya matahari dari luar ruang sekedar berpendar di belakang mihrab tanpa menyilaukan dan menampilkan efek cukup menarik.***

Dari arah jembatan Keranji
Gapura berbalut granit hitam itu adalah tangga menuju ke lantai dua, sedangkan dua pintu dibagian kanan adalah pintu akses ke ruang aula masjid.

Beranda Masjid yang menghubungkan tangga dengan teras lantai dua
ruang sholat ada di sebalah kanan
dari balik teralis
Mengintip ke ruang utama
Ruang sholat
Dibawah kubah
Salah satu sudut bagian dalam