Minggu, 16 Oktober 2016

Masjid Assa’adah Polda Sumsel


Masjid Assa'adah Polda Sumsel 

Masjid Assa’adah merupakan masjid yang berada di lingkungan Markas Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan di pusat kota Palembang. Polda Sumsel sebelumnya dikenal dengan nama Polda Sumbagsel karena memang wilayah kerjanya meliputi provinsi provinsi yang berada di bagian selatan pulau Sumatera yakni Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung (Babel). Itu sebabnya di prasasti peresmian masjid ini masih disebut dengan nama “Polda Sumbagsel”.

Alamat Masjid Assaadah Polda Sumsel
Komplek Mapolda Sumsel
Jl. Jendral Sudirman, KM 3.5 Kelurahan Pahlawan
Kecamatan Kemuning, Kota Palembang 30128
Sumatera Selatan



Riwayat pembangunan masjid ini direkam dengan jelas dalam prasasti yang dipasang di tembok selatan masjid yang berbunyi :

“Masjid Assa’adah dibangun secara gotong royong oleh warga Polda Sumbagsel dan Masyarakat Palembang atas prakarsa May. Jend. Pol. Drs. Sidarto D.SH. Peletakan batu pertama tgl 15-10-1987 oleh Kapolri Jend. Pol. Drs. Moch. Sanusi. Diresmikan pada tgl 9 september 1988 oleh Kapolda Sumbagsel Drs, M.H. Ritonga, Brigadir Jendral Polisi.”

Beranda Sisi Selatan

Prasasti kedua mencatat tentang pembangunan Menara Masjid Assa’adah, disebutkan bahwa Menara Masjid Assa’adah dibangun secara bergotong royong oleh warga Polda dan masyarakat Sumbagsel, diprakarsai dan diresmikan pada tanggal 27 Januari 1993 oleh Kapolda Sumbagsel Drs.H. Rukman.S, Mayor Jendral Polisi.

Masjid Assa’adah dibangun dengan arsitektur khas Indonesia berupa bangunan masjid dengan berdenah segi empat beratap limas bersusun tiga. Di puncak atapnya kini dilengkapi dengan sebentuk kubah bawang berukuran sedang dengan corak warna biru dan kuning terang. Atap masjid seluruhnya dicata warna hijau. Meski beratap tumpeng, namun tidak ada tiang penopang struktur atap di dalam masjid.

Di dalam masjid Assa'adah sesaat setelah sholat Jum'at

Tiga sisi bangunan dilengkapi dengan teras. di teras sisi timur teradapat beduk berukuran cukup besar yang merupakan persembahan dari Sat Brimobda Polda Sumbagsel tanggal 12 April 1988. Padma yang merupakan lambang kesatuan Sat Brimob jelas terukir di beduk tersebut.

Selain kantor Sekretariat di masjid ini juga menjadi kantor bagi LPPTKA – BKPRMI atau Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al-Qur’an – Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia, dan Sekretariat Irmas Assa’adah Mapolda Sumsel.

Himbauan Sholat Tepat Waktu dari Kapolda Sumsel

Himbauan sholat berjama'ah dari Pak Kapolda yang juga Profesor 

Ada hal yang cukup menarik di Lingkungan Polda Sumsel, tidak saja masjid nya yang selalu ramai Jemaah setiap waktu sholat, tapi ternyata dibalik itu ada satu himbauan dari Kapolda Sumsel Irjen Pol. Prof. Dr. Iza Fadri, kepada seluruh jajarannya untuk selalu menunaikan sholat wajib berjamaah. Himbauan tersebut berisi dua poin yakni :

  1. Menghentikan seluruh aktifitas ketika adzan telah berkumandang
  2. Untuk kemudian segera melaksanakan sholat berjamaah di masjid dan mushola terdekat.

Semoga langkah yang diambil pak Profesor ini diikuti oleh para jenderal lainnya di tanah air demi meningkatkan ketaqwaan jajarannya pada ahirnya menciptakan aparat yang bersih dan Profesional. dan semoga jajaran Polda Sumsel senantiasa istiqomah. Aamiin. ***

Foto Foto Masjid Assa'adah

Teras Utara Masjid Assa'adah, di sebelah kiri adalah ruang kantor sekretariat pengelola masjid dan dibagian bawahnya adalah prasasti peresmian masjid.
Beduk Persembahan Sat Brimob Polda Sumbagsel
Beduk Persembahan Sat Brimob Polda Sumbagsel
prasasti peresmian masjid
Prasasti Peresmian menara
Menara Masjid Assa'adah
Masjid Assa'adah
BONUS, pemandangan langit diatas Mapolda Sumsel
-------------------------