Sabtu, 08 Oktober 2016

Masjid Al-Hidayah Banjar Agung Tulang Bawang

#Masjid Masjid di Jalan Lintas Sumatera

Masjid Al-Hidayah Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung

Alamat Masjid Al-Hidayah

Jl. Lintas Timur Sumatera, Desa Banjar Agung, Kecamatan Banjar Agung
Kabupaten Tulang Bawang, Propinsi Lampung
koordinat : -4.327926, 105.224376



Tentang Banjar Agung

Banjar Agung adalah nama desa sekaligus kecamatan di Kabupaten Tulang Bawang – propinsi Lampung, berjarak 24 km dari kota Kabupaten, Banjar Agung terletak di Jalur Lintas Timur Sumatera dari kota Bandar lampung menuju Palembang. Memasuki Banjar Agung di Kabupaten Tulang Bawang.

Nuansa Pulau Dewata Bali cukup terasa kental dengan banyaknya bangunan vihara vihara kecil di pekarangan rumah rumah penduduk yang beragama Hindu yang dulunya merupakan transmigran dari pulau Bali. Suasana jalanan nya juga diperindah dengan aneka janur yang dibentuk aneka rupa. Banjar Agung, Tulang Bawang Merupakan Pusat dagang teramai di Tulang Bawang dengan pasarnya yg dikenal dengan nama Pasar Unit 2 Tulang Bawang.

Nuansa Pulau Dewata di Desa Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung

Tentang Masjid Al-Hidayah 

Arsitektur Masjid dua lantai ini memang cukup unik dan menarik, mirip dengan bangunan bangunan kuno di India. Kubah berbahan metal ukuran besar di puncak nya, di perindah dengan empat menara kecil langsing di ke empat sudut atap.

Menara seperti itu dalam ukuran besar merupakan ciri khas bangunan masjid dan Istana dari dinasti Mughal – India. Area di bawah kubahnya itu digunakan oleh muazin untuk mengumandangkan azan. Sedangkan bila di bangunan istana kerajaan area tersebut merupakan tempat keluarga istana bersantai menikmati pemandangan dari ketinggian.

Megah dan Unik

Bangunan masjid ini dibangun berlantai dua dengan tangga akses di bagian dalam sebelah kiri. Ruang sholat utama di lantai dasar yang dipakai untuk pelaksanaan sholat rawatib. lantai dua haya dipakai untuk sholat Jum’at, hari raya dan peringatan hari besar Islam. ruangan utamanya disekat dibagian tengah ruangan untuk memisahkan ruangan Jemaah pria dengan Jemaah wanita.

Ruangannya yang besar membuat suasana didalam ruangan terasa sejuk meski tanpa penyejuk udara dan kipas angin. Singgah ke masjid ini dalam perjalanan mudik 2016 dalam suasana siang yang hening nyaman untuk melepas penat sejenak hingga waktu sholat Zuhur tiba. ***

Interior Lantai Satu, lukisan langit di flapon masjid sepertinya sedang menjadi trend di interior berbagai masjid yang baru dibangun saat ini.
Papan pengumuman disamping tangga akses ke lantai dua
Jawl Sholat
Interior Lantai dua
Void di lantai dua
Tangga Akses dari dan ke lantai dua

---------------------

Baca Juga Masjid Masjid di Tulang Bawang Lainnya