Sabtu, 06 Agustus 2016

Masjid Nurul Iman Penegolan

#Masjid Masjid di Jalan Lintas Sumatera
Menjelang pagi di Nurul Iman Kampung Penegolan

Kampung Penegolan hanya berjarak beberapa menit dari gerbang pelabuhan penyeberangan Bakauheni, lurus ke arah Kalianda. Kampung ini secara administratf masuk ke dalam wilayah desa Sidoluhur, kecamatan Bakauheuni, Lampung Selatan, Propinsi Lampung. Lokasi masjid ini berdiri berada di sisi kiri jalan raya bila dari arah Bakauheuni, dan masih berada di daerah tanjakan, bangunan masjid ini pun sebenarnya berdiri di tepian tebing.

Ruas jalan yang melintas di depan masjid ini adalah ruas jalan lintas sumatera yang menjadi jalur vital transportasi darat dari dan menuju ke pelabuhan Bakauheuni. sebelum dibangun ruas jalan pantai timur yang membentang dari Bakauheuni melalui Sukadana di Lampung Timur, ruas jalan ini merupakan satu satunya jalan akses menuju dan dari ke Pelabuhan Bakauheuni.

Didalam masjid Nurul Iman Kp. Penegolan

Kerena begitu pentingnya keberadaan ruas jalan ini, nama kampung penegolan sempat mencuat hingga ke gedung DPR RI di tahun 2010, setelah terjadi longsor di ruas jalan jalinsum di KM 80+200 yang melintas di kampung penegolan tak jauh dari Masjid Nurul Iman ini berada.

Masjid Nurul Iman Penegolan
Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), Dusun Panegolan
Desa Sidoluhur, Kecamatan Bakauheni
Kabupaten Lampung Selatan
Provinsi Lampung – Indonesia



Singgah sebentar untuk sholat subuh di masjid ini di hari terahir Romadhan 1437 H, ada beberapa keluarga pemudik yang kemudian juga berhenti dan mampir ke masjid ini. masjid nya bersih dan cukup terawatt. toilet dan tempat wudhu nya berada di sebelah kiri bangunan utama, lebih rendah dan dihubungkan dengan beberapa anak tangga. karena memang di sisi kiri dan belakang masjid ini adalah lembah yang cukup dalam.

pasokan airnya lancar, ada pipa air yang menjulur dari pinggir jalan raya ke bak penampungan air di sisi toilet tapi kami tidak melihat adanya meteran PDAM, mungkin pasokan air dari daerah yang lebih tinggi karena di seberang masjid ini kontur tanahnya berbukit bukit. ada juga saluran air dari talang air untuk menampung air hujan menuju ke bak penampungan air.

Lemari penyimpanan kitab suci, sajadah dan mukena di dalam masjid
Jemaah kecil
BONUS. pemandandan indah sepanjang jalan lintas timur Sumatera di kp. Penegolan

- - - - - - - - ooo000ooo - - - - - - - -

Masjid di Jalur Lintas Sumatera Lain nya

#Masjid di jalan lintas timur Sumatera