Sabtu, 09 Juli 2016

Masjid Nurul Islam Rawa Bunga, Jatinegara

Masjid Jami Nurul Islam 

Masjid Jami Nurul Islam

Jalan Bekasi Barat lll, Kelurahan Rawa Bunga
Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Telp : 0812-8649-5126



Berdiri di dikawasan Jatinegara Timur di ruas jalanan yang sempit dan selalu ramai oleh para pedagang barang barang antik dan barang bekas, masjid ini menjadi tempat paling dekat bagi warga di sekitar nya termasuk para pedagang yang membuka lapak di sepanjang jalan disekitar masjid ini dan para pelanggan-nya. Berdasarkan plakat yang dipasang di sebelah kiri pintu masuk sebelah timur, Masjid ini telah di renovasi total oleh Bapak Budi Purnama / Hj. Jubaedah. Hanya saja plakat itu tidak menyebutkan tanggal renovasi tersebut.

Bangunan masjid ini berukuran cukup besar. Dibangun satu lantai dengan ruang sholat berbentuk persegi panjang, sisi panjangnya membujur barat – timur. Gerbang akses nya berada di sisi Selatan di sisi ruas jalan Jatinegara Timur I yang tak terlalu lebar diantara lapak para pedagang dan parkir kendaraan bermotor roda dua.  Meleati pintu pagar ada ruang cukup luas, di sebelah kanannya ditempatkan area wudhu wanita, sedangkan area wudhu pria ditempatkan lebih ke dalam, dari pintu pagar luru melewati pintu timur. Di sini juga menjadi kantor dari yayasan Hj. Jubaedah, nama yang sama dengan yang mendanai renovasi masjid ini.

didalam masjid
Masjid yang cukup terawat, hampir setiap saat ada petugas yang membersihkan masjid ini termasuk membersihkan lantai dan kamar mandi nya. Ruang sholat nya juga tak pernah sepi oleh jemaah yang silih berganti oleh jemaah yang tak kebagian sholat berjamaah. Meskipun tidak ada ruang khusus untuk jemaah wanita, namun pengurus meletakkan tirai pembatas di sisi belakang ruangan dengan kain bewarna hijau sebagai penyekat dengan area jemaah pria.

Ruangannya terasa lega karena sama sekali tidak ada tiang penopang di dalam ruang sholat, ditambah dengan plafon-nya yang cukup tinggi membuat sirkulasi udara berjalan dengan lancar. Menghadirkan suasana yang cukup adem dan tenang diantara atmosfir Jakarta yang panas dan penuh dengan hiruk pikuk.

Lapak para pedagang di sepanjang jalan disekitar masjid
Plakat renovasi masjid
Add caption
Area jemaah wanita dibagian belakang, masuk dari pintu timur

----------------ZZZ----------------

Baca Juga