Sabtu, 16 Juli 2016

Masjid Jamie At-Taqwa Harapan Baru

#Masjid Masjid Di Kabupaten Bekasi
Dari Jembatan (Fly Over) Pilar

Menara dan kubah masjid ini terlihat jelas di arah selatan dari jembatan (fly over) pilar yang melintas di atas rel kereta api ruas cikarang – Lemah Abang. Menjulang diantara atap atap bangunan rumah -rumah penduduk disekelilingnya. Bangunan masjid Jamie At-Taqwa ini memang berada diantara rumah rumah penduduk di antara gang sempit kampung Harapan Baru di dalam wilayah Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara.

Masjid Jamie At-Taqqa Harapan Baru
Kampung Harapan baru RT.01/09 Desa Cikarang Kota
Kecamatan Cikarang Utara, Kab. Bekasi
Jawa Barat – Indonesia
-6.260614, 107.150996
HP: 0813 1643 0560, 0812 1994 9450


Menara dan kubah masjid ini terlihat jelas di arah selatan dari jembatan (fly over) pilar yang melintas di atas rel kereta api ruas cikarang – Lemah Abang. Menjulang diantara atap atap bangunan rumah -rumah penduduk disekelilingnya. Bangunan masjid Jamie At-Taqwa ini memang berada diantara rumah rumah penduduk di antara gang sempit kampung Harapan Baru di dalam wilayah Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara.

Ukuran bangunannya cukup besar, berlantai dua dan belum selesai 100%. Menara yang terlihat dari kejauhan itu adalah satu dari dua menara yang direncanakan untuk masjid ini. satu menaranya lagi yang berada disisi atap sebelah utara masih sedand dalam proses pembangunan. Menara yang telihat itu berada di atap sisi bagian selatan. Menara masjid ini bukan menara yang dibangun terpisah tapi merupakan menara kembar yang dibangun di atap masjid.

Besar dan megah, meski belum selesai 100%

Beberapa orang pekerja sedang sibuk di atas bangunan menara kedua yang sedang dibangun. Bukan hanya menara kedua nya yang belum selesai, masjid ini masih membutuhkan banyak dana untuk menyelesaikan keseluruhan pembangunannya. Diantara untuk menyelesaikan pagar dilantai dua yang (sementara waktu) masih menggunakan pagar bambu dan pembuatan pintu dan jendela yang baru dipasang di sisi barat bangunannya saja. 

Sedangkan dua sisi lainnya (utara dan selatan) masih berupa kusen terbuka tanpa daun pintu dan jendela. Tangga akses nya berada di teras utara dan selatan, tangga di sebelah selatan juga belum memiliki reiling atau pagar pembatas dan masih darurat menggunakan pagar bambu.

Empat pilar di dalam masjid

Laporan keuangan pembangunan bulan April 2016 dari panitia pembangunan masjid yang diketuai oleh Ust. Omin Mubarok, dipampang di papan pengumuman nya, disebutkan bahwa sumber dana pembangunan masjid ini berasal dari dua sumber utama yakni dari “hamba Allah”, dari “jalan raya” dan dari “minggu keliling”. Cukup menarik karena dana dari Hamba Allah lebih besar dari dana yang diperoleh dari “jalan raya” sedangkan dana hasil minggu keliling jauh lebih kecil lagi.

Panitia pembangunan masjid ini masih membutuhkan banyak dana untuk merampungkan proses pembangunannya. Di bulan ramadhan pengurus masjid ini menyebar amplop ke para jemaah yang berpropesi sebagai karyawan dan pegawai dan berniat untuk berinfak, shodaqoh ataupun zakat seiring dengan diterimanya tunjangan hari raya menjelang hari raya Idul Fitri, sebagai bagian dari program penggalangan dana.***

Interior Masjid 


Semburat cahaya matahari senja menerobos masuk ke dalam masjid dari kaca patri yang di pasang di sisi kiblat di dalam ruang mihrab. Rancangan masjid dengan penempatan kaca jendela seperti ini memang menjadi salah satu kendala untuk memotrret bagian dalam masjid terutama di sore hari.
Detil kaca patri yang ada di ruang mihrab.
Khusu' Tadarus Romadhan.
Lukisan Langit di dalam Kubah, empat pilar dan lantai dua. Melihat pembangunan masjid masjid baru saat ini sepertinya sedang ada trend sendiri dalam menghiasa bagian dalam kubah dengan lukisan langit dan awan. Trend ini muncul dan banyak digemari para pengurus dan perancang masjid sejak digunakan di Masjid Dian Al-Mahri (Kubah Emas) Depok.
Beranda lantai dasar
Dari beranda lantai dua

Foto Exterior Masjid

Padat. Masjid Jamie At-Taqwa ini berdiri megah di tengah tengah padatnya kampung harapan baru. 
pekerja yang pemberani 
menara diantara atap rumah penduduk
dari bawah menara
sisi barat masjid. ada beberapa makam disana
Gerbang utara
Jauh dari jembatan pilar
kerawang disamping tangga
Update 4 Nopember 2016, menara masjid sisi utara dalam tahap finishing (foto dari DKM Masjid Jamie Attaqwa)

----------ooo000ooo----------

Baca Juga