Sabtu, 04 Juni 2016

Masjid Mewah Bergaya Gotik di Teluk Mungkal

#Masjid Masjid di Karawang

Megah menggantikan masjid sebelumnya di tempat yang sama. belum selesai seratus persen tapi sudah dapat digunakan. untuk aktivitas sholat lima waktu.

Di ruas jalan Rangga Gede, tak jauh dari perlintasan pintu kereta api kampung Teluk Mungkal Pintu, Karawang, sedang dibangun sebuah bangunan masjid yang cukup mewah bernama Masjid Al-Hidayah. Berdasarkan spanduk yang dipasang disana, masjid in dibangun oleh Bapak Syukur M.  Cukup menarik mengingat bahwa pembangunannya didanai oleh satu orang saja. Spanduknya juga hanya berbunyi “Mohon doa Restu” tanpa tambahan kalimat “.... dan bantuannya” dan juga tidak ada aktivitas penggalangan dana di jalan raya di depan masjid seperti yang seringkali kita temui di proyek pembangunan masjid.

Masjid Jamie Al-Hidayah
kampung Teluk Mungkal Pintu, Desa Tanjungmekar
Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang


Masjid Al-Hidayah di tahun 2013 (dari google street view diakses tanggal 4 Jan 2016)

Al-Hidayah nama Masjidnya meski di atas berandanya ditulis dengan hurup latin berukuran besar “Az-Zahra”. Sebelumnya ditempat tersebut memang sudah ada bangunan masjid tradisional berukuran lebih kecil (seperti terlihat di rekaman street view google map diatas) yang kemudian dirobohkan untuk kemudian dibangun masjid mewah ini. Kami belum berkesempatan bekenalan apalagi ngobrol ngalar ngidul dengan Bapak Syukur yang namanya disebut dalam spanduk itu, sehingga belum ada informasi panjang lebar tentang masjid mewah bergaya gotik yang sedang dibangun ini, termasuk juga mengapa justru ada tulisan Az-Zahra di beranda masjid yang bernama “Masjid Al-Hidayah” ini.***

------------------------------------

Baca juga artikel masjid di Karawang lainnya :