Senin, 02 Mei 2016

Masjid Raya Baiturrahim Ciketing

Berdiri megah di ruas jalan raya Ciketing - Mustika Jaya, Masjid Raya Baiturrahim berada diantara lembaga lembaga pendidikan Negeri dan Swasta dan juga tidak jauh dari kantor camat Mustika Jaya.

Masjid Raya Baiturrahim berada di ruas jalan raya Ciketing – Mustikajaya di kampung Ciketing, Kelurahan dan Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi. Bangunan masjid yang cukup besar dan megah, dibangun berlantai dua serta dilengkapi dengan Bangunan Pondok Yatim Baiturrahim yang berada persis halaman masjid ini.

Lokasi dan Alamat Masjid

Jl. Raya Ciketing - Mustikajaya
Kampung Ciketing RT.002 / RW 011
Kelurahan Mustika Jaya, Kec. Mustika Jaya
Kota Bekasi – Jawa Barat.



Masjid Raya Baiturrahim Kampung Ciketing ini berdiri diantara bebeberapa bangunan sekolah milik pemerintah di Ciketing yakni SMA & SMK Daya Utama bersebelahan dengan Sekolah Dasar Negeri 3 Mustika Jaya yang berada di sebelah selatan masjid dan memiliki pintu akses langsung ke masjid di belakang bangunan kios disebelah masjid. Di belakang bangunan masjid juga berdiri sekolah MTs Negeri dan disebelah utara masjid berdiri komplek SMA Negeri 9 Kota Bekasi.

Disebut masjid raya karena memang berada tidak jauh dari Kantor Kecamatan Mustika Jaya yang letaknya di sebelah selatan dari Bangunan SDN 3 Mustikajaya, Kantor Kecamatan Mustikajaya ini berseberangan dengan Lapangan Mustikajaya yang merupakan lapangan rumpur terbuka berpagar tembok keliling yang difungsikan sebagai lapangan serbaguna kecamatan Mustikajaya.

Pondok Yatim Baiturrahim di halaman Masjid Raya Baiturrahim - Ciketing
Masjid Raya Baiturrahman Ciketing ini memiliki area parkir yang cukup luas di sisi selatan masjid yang sudah di paving blok. Fasilitas kamar mandi dan tempat wudhunya dibangun di sebelah utara bangunan utama bersebelahan dengan bangunan Pondok Yatim, dihubungkan dengan koridor langsung ke bangunan utama.

Denah bangunannya dibuat simetris kiri dan kanan dengan tiga bangunan serambi hadap utara, selatan dan timur. Lantai dua tidak digunakan di hari hari biasa, hanya lantai dasar (ruang utama) yang digunakan untuk pelaksanaan sholat wajib lima waktu, termasuk untuk jema’ah akhwat yang dipisahkan dengan partisi dari kayu kira kira setinggi pinggang dan dapat dipindah pindahkan sesuai keperluan.

Interior Masjid Raya Baiturrahim. Bagian dalam masjid ini terang benderang disiang hari meski tanpa menyalakan lampu. Penempatan jendela jendela kecil mengelilingi bagian bawah kubah memberi ruang sinar matahari menyinari bagian dalam masjid ini.
Bangunan utamanya berkubah tunggal dari beton. sisi dalam kubah tidak terlalu dominan dengan dekorasi, Lampu gantung tunggal menggantung tepat dibawah kubah menambah keindahan bagian dalam masjid ini. Hanya sebagaian saya dari lantai utama masjid ini yang dipasang karpet sajarah panjang dengan hiasan yang juga minimalis. Dinding sisi kiblat bagian dalam ruangan sholat juga tanpa ornament hanya di tutup dengan lembaran keramik warna hitam dengan tujuan untuk menjaga ke khusu’an jema’ah. Bagian mihrabnya diberikan sedikit hiasan dekoratif membingkai ceruk mihrab yang juga digunakan sebagai tempat meletakkan satu mimbar berukir.

Mampir di masjid ini cukup nyaman dengan area parkirnya yang luas di dalam pagar masjid, dan juga ada seorang petugas parkir di gerbang masjidnya yang dibentuk cukup unik dan senada dengan bentuk ornamen yang menghias setiap tiang pagarnya. Ornamen di setiap tiang masjid ini juga sebagai tempat lampu taman. Kondisi bangunan dan fasilitasnya cukup teramat dengan apik.***

Exterior Masjid Raya Baiturrahim

Papan Nama masjid dibangun cukup unik di depan beranda masjid
Menara utara 
Koridor dari tempat wudhu menuju bangunan masjid
Megah dengan menara kembar dan Kubah tunggal berukuran besar.

Interior Masjid Raya Baiturrahim

Ukiran pintu
Bagian dalam kubah, tak terlalu ramai dengan ornamen
Dua lantai
Pintu utama sisi timur menghadap ke jalan raya
Lampu gantung 

-------------------ooo000ooo--------------------

Baca Juga