Senin, 30 Mei 2016

Masjid Jamie Nurul Ihsan Segaran

#Masjid masjid di Karawang

Siluet senja

Masjid Nurul Ihsan Segaran ini lokasinya hanya terpaut sekitar 150 meter dari pintu gerbang menuju ke komplek objek wisata Candi Jiwa di Komplek pecandian Batujaya, Karawang. Bisa dijadikan alternatif tempat untuk sholat saat berwisata ke objek wisata tersebut, mengingat tempat ibadah terdekat dengan lokasi wisata tersebut adalah Mushola/Majelis Ta’lim Al-Huda yang ukurannya tidak terlalu luas, bila ada berkunjung dalam rombongan besar masjid ini bisa dijadikan alternatif tempat untuk sholat berjemaah.

Masjid Jamie Nurul Ihsan
No.,Jl. Raya Batujaya, Desa Segaran
Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang
Jawa Barat - Indonesia



Masjid Jamie Nurul Ihsan berdiri di tepian kali irigasi yang mengairi pesawahan di daerah tersebut. Dari jalan raya ke pekarangan masjid dibangun jembatan kecil untuk Jemaah, lengkap dengan gerbang mungilnya yang dibangun seperti gazebo bergaya arabia. Kendaraan roda empat harus parkir di tepi jalan raya, gerbang masjid ini terlalu mungil untuk dilalui mobil. Gerbang bercat hijau itu di hias dengan kaligrafi dua kalimah sahadat di bagian depan nya, Seakan mengingatkan siapapun yang datang ke masjid ini untuk senantiasa memperbaharui dan memperkokoh sahadatnya.

Dari sudut pendopo
Bangunan masjid Nurul Ihsan terdiri dari dua bagian utama yakni bangunan masjid dan bangunan pendopo terbuka di sisi timurnya. Bangunan utama masjidnya berupa bangunan masjid tradisional Indonesia dengan atap limas bersusun tiga, hanya saja masjid masjid di karawang kebanyakan atap limas paling atasnya dibentuk menjulang berbeda dengan atap limas masjid pada umumnya. Bangunan utama masjid ini kemudian dilengkapi dengan teras keliling bangunan beratap cor dan di empat sudut atap teras ini di bangun menara yang tidak terlalu tinggi.

Kalimah Sahadat di gerbang masjid
Berbeda dengan bangunan utama masjidnya, bangunan pendopo terbuka-nya justru mengadopsi bentuk masjid arabia. Seluruh atapnya di cor dan di hias lalu di tutup dengan kubah dari bahan metal. Selain itu dibagian atap pendopo ini juga di hias dengan beberapa ornament bentuk menara menara kecil. Bagian pendopo ini disiapkan sebagai area sholat tambahan. Singgah ke masjid ini saat waktu sholat magrib, Jemaah nya cukup ramai dari berbagai usia.***

Exterior Masjid Nurul Ihsan Segaran 
Di dalam Masjid Nurul Ihsan Segaran

------------------------------------

Baca juga artikel masjid di Karawang lainnya :