Rabu, 18 Mei 2016

Masjid Jami Al-Mujahidin Rawa Banteng, Cikarang Pusat

#Masjid_Masjid_di_kabupaten_Bekasi

MEGAH DAN MODERN dengan padanan kubah besar di atap masjid dan empat menara di ke empat sudut atapnya.

Majid Jami Al-Mujahidin Rawa Banteng ini berdiri di tepian ruas jalan yang menghubungkan Jembatan Tegal Danas Deltamas ke Citarik dan Pamahan. Lokasinya berada di Kampung Rawa Banteng Desa Jayamukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Sekitar 500 meter dari jembatan deltamas, setelah melewati Masjid dan ponpes Al-Muhajirin disebelh kiri jalan, lalu melewati Pom Bensin satu satunya di daerah itu, tak jauh dari sana bangunan masjid dengan empat Menara ini sudah terlihat disebelah kiri jalan. Dibangun di penghujung tahun 2014 hingga awal 2015 yang lalu.

Meski bangunan ini serba permanen dan cukup megah, komplit dengan gerbang dan pagar keliling, namun proses pembangunannya berjalan cepat dan tanpa ada panitia pembangunan yang berdiri jalan untuk meminta donasi dari para pengguna jalan. Belum ada informasi tentang penyandang dana pembangunan masjid ini, di dalam dan di pekarangan masjid ini tidak ditemui adanya plakat atau prasasti penanda pembangunan masjid ini.

Bangunan utamanya berbentuk segi empat, simetris. sisi kiri dan kanannya dilengkapi dengan teras permanen, sisi depannya yang menghadap ke jalan raya dilengkapi dengan beranda. Letak masjid yang berada di sebelah barat jalan raya memang sangat ideal. Memungkinkan untuk menempatkan mihrab jauh dari jalan raya dan pintu utamanya berada di sisi timur, sehingga masuk ke masjid langsung menghadap kiblat.




Kubah besar bewarna hijau dengan ornamen bewarna kuning terang di apit empat bangunan Menara di atap masjid menjadi fitur utama tampilan luar masjid ini. Bangunan berandanya dilengkapi dengan lengkungan besar tempat dipasangnya nama masjid ini yang ditulis dengan hurup latin. Halaman depannya cukup luas dan sudah di cor dengan semen. beberapa batang pohon buah buahan ditanam agak ke tepian pagar. Di bagian belakang masjid ada lahan terbuka yang juga ditanami tanaman buah buahan. Ada satu kuburan disana tepat berada di belakang mihrab.

Lantai bagian dalam masjid ditutup sebagian dengan sajadah bewarna hijau pada sisi berdekatan dengan mihrab. Di mihrabnya terdapat satu mimbar berbentuk podium sederhana dari kayu, satu lemari tempat menyimpan kitab Suci dan lainnya dan satu jam berukuran besar di tempatkan di pojokan mihrab. Pintu akses ruang marbot ditempatkan di sisi kiri mihrab. di bagian atas lengkungan mihrab dipasang panel penunjuk waktu sholat lima waktu digital. Dinding bagian depan sisi kiblat di tutup dengan keramik warna hitam tanpa ornamen apapun, satu lampu gantung berukuran kecil menjuntai di bawah kubah menjadi satu satunya penghias interior masjid ini.***

Exterior Masjid

Pembuatan kubah masjid saat ini tak lagi se rumit di masa lalu. Sudah ada beberapa perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan kubah masjid.  Kubah di buat di pabrik keping per keping kemudian di angkut ke lokasi pembangunan masjid dan tinggal pasang.  Bahan kubah pun sudah sangat variatif dari bahan allumunium hingga berbahan beton dengan lapis keramik ber-ornamen seperti kubah masjid Al-Mujahidin ini.
Rangkaian Foto bagian luar Masjid Al-Mujahidin 
Area Tempat Wudhu di Masjid Al-Mujahidin 

 Interior Masjid

Rangkaian Foto bagian luar Masjid Al-Mujahidin 

------------------------ooo000ooo----------------------

Masjid Masjid di Cikarang Pusat