Kamis, 14 April 2016

Masjid Falatehan Blok M Jakarta Selatan

Masjid Falatehan dari Jalan Falatehan

Masjid Falatehan ini terletak di dalam satu komplek dengan Perum Perusahaan Uang Republik Indonesia (Peruri) dan lokasinya memang berada disamping kiri Perum Peruri. Selangkah dari Terminal Bis Blok M dan berada sekitar 75 meter dari Jalan Trunojoyo dan Mabes Polri. Kendaraan umum dari arah terminal di Jakarta Timur jurusan terminal bis Blok M akan melewati Masjid ini.

Alamat dan Lokasi Masjid Falatehan

Jalan Falatehan No.10 Kelurahan Melawai, Kecamatan
Kebayoran Baru (Blok M), Jakarta Selatan
Jakarta 12160, Indonesia



Diresmikan pada tanggal 18 Mei 1985 / 28 Sya'ban 1405 oleh H. Wahyu Hagono, Direktur Utama Perum Peruri. Nama Falatehan yang menjadi nama masjid ini sesuai dengan nama jalan raya yang membentang di depan masjid. Falatehan adalah nama lain dari Fatahilah tokoh sentral dalam sejarah Jakarta, beliau yang memimpin pasukan gabungan dari Kesultanan Demak dan Cirebon ditambah dengan bala bantuan pasukan dari Banten menyerbu dan mengusir Portugis dari Sunda Kelapa, kemudian mengganti nama Sunda Kelapa Menjadi Jayakarta atau kota kemenangan. Hari kemenangan tersebut dikemudian hari setiap tahun diperingati sebagai hari lahir kota Jakarta.

Sejatinya bangunan masjid ini dibangun beratap limas sebagaimana bangunan masjid tradisional Indonesia, namun kemudian dilakukan perluasan, renovasi dan penambahan bangunan disana sini sampai sampai bangunan aslinya nyaris tak terlihat dari jalan raya ataupun dari dalam bangunan masjid. Fasilitas masjid cukup lengkap dengan suasana di dalam masjid yang nyaman. Seperti apa suasana Masjid Feletehan ini berikut ini foto foto suasana masjid Feletehan kontibusi dari Muhammad Jabbar Oktaverdi.

Foto Foto Masjid Falatehan

Di dalam Masjid
Area Mihrab dan mimbar
Tidak nyaman toh bila sedang sholat tiba tiba hape nya berdering
waspadalah waspadalah
Apakah tidur bikin kotor ? 
Jadwal Sholat dengan nama yang (sepertinya) salah tulis 
Teras dan tempat penitipan barang
Area tempat wudhu

----------------ZZZ----------------

Baca Juga