Rabu, 13 April 2016

Masjid As-Sunah Pantai Pesanggrahan Cipatujah

Masjid As-Sunah Cipatujah

Lokasi Masjid As-Sunah

Pantai Wisata Pasanggrahan Cipatujah
Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya
Jawa Barat – Indonesia
Koordinat Geografis : -7.747032, 108.010342


Google street view


Cipatujah adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Letak geografisnya cukup jauh dari kota Tasikmalaya melewati jalanan berkelok di pegunungan dengan pemandangan bentang alam yang menawan. Meski dari satuan jarak hanya sekitar lima puluh kilometer dari pusat kota sekitar enam puluh kilometer namun membutuhkan jarak tempuh hingga dua jam. kondisi jalanan cukup mulus, beberapa tempat memang rawan longsor dan tentu saja harus berhati hati mengemudi di medan jalanan pegunungan yang tikungannya bahkan jauh lebih rapat dibandingkan sirkuit Sentul sekalipun.

Salah satu pantai wisata untuk umum yang cukup populer di Cipatujah adalah pantai Pasanggrahan. dipantai ini pengunjung dapat menikmati pesona pantai laut selatan dengan hamparan pasir yang membentang dan deburan ombak pantai selatan yang terkenal dasyat itu. Dilarang Berenang di pantai ini, papan peringatannya terpampang jelas di pinggir pantai. Maklum dengan ukuran ombak yang begitu besar memang tak ramah untuk dijadikan tempat berenang.

Sesaat setelah Tsunami tahun 2006 (panoramio)
Pantai ini sempat terpapar dampak tsunami tahun 2006 yang lalu, meski tak terlalu besar pemberitaannya yang muncul di media massa. Sejak peristiwa itu, Cipatujah bersiaga, pemerintah telah memasang berbagai rambu rambu peringatan bencana termasuk pemasangan rambu rute evakuasi dan titik berkumpul saat terjadi bencana.

Di Pantai Pasanggrahan ini sudah ada bangunan Masjid dengan ukuran cukup besar dengan nama Masjid Jami As-Sunah. Tadinya sebelum Tsunami tulisan Masjid Jami’ nya terpampang jelas di depan masjid, kini hanya di tulis dengan tulisan As-Sunah saja. Letaknya yang berada di lokasi wisata memudahkan pengunjung disana untuk beribadah.***

Bonus Foto Pantai Cipatujah

Dilarang berenang 
SEPI. tak terlalu rame pengunjung di hari biasa.

--------------------ZZZ--------------------

Baca Juga :