Rabu, 06 April 2016

Baitul Mu’min, Mushola kecil ditepian Jababeka I

Renovasi yang belum kelar 
Bagi anda yang kerja atau tinggal di sekitar kawasan Industri Jababeka tahap satu, sepertinya akan kenal dengan tempat makan yang bernama Wanasera atau pujasera kecil di belakang Hotel Grand Cikarang (d/h Ibis) cikarang. Di ruas jalan antara hotel tersebut dengan komplek ruko Jababeka I itu juga menjadi terminal bagi angkot K49 yang melayani rute ke perumahan Jababeka di Cikarang Baru.

Untuk sholat sih asik aja, meski memang masih berantakan
Nah mushola ini tak jauh dari Wanasera dimaksud itu. Dari wanasera, ada pintu gerbang masuk ke pemukiman warga yang disesaki dengan rumah kontrakan, sekitar 30 meter dari gerbang sebelah kiri, Mushola ini berdiri disana. Di depan muhsola ini ruas gang berbelok ke kanan menuju ke ruas jalan utama Lemah Abang – Cibarusah.


Ukurannya tidak terlalu luas, lengkap dengan halaman depan yang sudah disemen dimanfaatkan warga yang tinggal berdekatan dengannya sebagai lahan jemuran. Dibelakang mushola ini lahan kecil, ada enam kuburan disana, mungkin beliau beliau yang berhubungan dengan mushola ini atau bahkan bisa jadi beliau beliau lah yang berjasa atas berdirinya mushola ini pada awalnya.

Ikan masnya gede banget. Sisa dari bangunan lama
Mushola Baitul Mu’min ini sedang dalam proses renovasi total. Sebelumnya ketika singgah & numpang sholat di mushola ini, bangunannya masih berupa bangunan permanen sederhana dengan atap limas, kini dibangun lebih megah dengan bentuk bangunan masjid modern berkubah tunggal di atapnya, kondisi fisik bangunan mungkin sudah 80 atau 90 persen selesai, namun bagi yang mau menyumbang, yo mangga atuh, kotak amalnya diletakkan pas di pertigaan gang di depan masjid lengkap dengan spanduk kecilnya.

6 Makam di pekarangan belakang mushola 
Hanya ada satu pintu akses di depan masjid. Pintu lainnya khusus untuk pengurus masjid dari ruang marbot, pintunya mengarah ke area tempat wudhu di samping masjid. Tempat wudhu nya masih asli dari bangunan sebelumnya, bentuknya unik, bak airnya dibuat seperti ikan mas dalam ukuran besar.

Jadwal pengajian anak 
Di beranda masjid ada beberapa lembar pengumuman termasuk salah satunya adalah jadwal pengajian yang dipasang pengurus masjid. Bangunan mushola kecil seperti ini memang sangat penting bagi warga muslim di kawasan pemukiman terutama sebagai tempat pembelajaran bagi anak anak. Dan juga memudahkan bagi muslim sekitarannya untuk beribadah.***

Monggo di isi.
Nah, ini warung makan yang dimaksud.

------------------------ooo000ooo-------------------------