Selasa, 19 Januari 2016

Masjid Jami’ Assa’adah Warung Bongkok

Megah dengan padanan warna hijau, dua bangunan menaranya sedang dalam proses pengerjaan.

Alamat Masjid Assa’adah Warung Bongkok

Kp. Warung Bongkok RT.007/008 Desa Sukadanau
Kecamatan Cikarang Barat, Kab. Bekasi 17843
Jawa Barat

Warung Bongkok itu adalah salah satu Kampung di wilayah desa Sukadanau kecamatan Cikarang Barat. Pengguna jalan yang sering melintas antara Kota Bekasi dan Cikarang mengenal daerah ini dengan ‘tugu bambu runcingnya di pertigaan warung bongkok’. Pertigaan yang seringkali menjadi titik tersendatnya arus lalu lintas, karena pertigaan ini merupakan salah satu akses menuju dan dari ruas jalan Kali Malang, dari jalan utama Cikarang – Bekasi.

Beranda Masjid


Masjid Jami’ As Sa’adah ini hanya berjarak beberapa meter dari pertigaan warung bongkok masuk ke ruas jalan perjuangan yang menuju ke kali malang, posisinya di sisi kanan jalan. Posisi yang pas untuk bangunan masjid karena memposisikan sebelah timur masjid menghadap ke jalan raya, sehingga pintu utama masjid menghadap ke jalan raya.

Bangunan masjidnya dua lantai, di hari biasa hanya lantai satu yang dipakai untuk beraktivitas sementara lantai dua baru ramai jamaah pada saat pelaksanaan sholat Jum’at, di hari Jum’at masjid ini memang penuh sesak oleh jamaah baik warga setempat atau mereka yang sedang bekerja mencari nafkah di sekitar masjid ini ditambah dengan Jemaah yang kebetulan sedang melintas di daerah ini saat waktu sholat tiba, seperti-ku.

Ruang Sholat utama di lantai dasar

Area parkirnya memang tidak cukup luas untuk menampung seluruh kendaraan Jemaah sholat jum’at sehingga sebagian kendaraan terutama kendaraan roda empat harus rela parkir di sisi jalan raya. tempat wudhunya cukup baik, lokasinya di sisi utara atau disebelah kanan masjid. Desember 2015 yang lalu ketika melintas lagi disana, masjid ini sudah berubah warna hijau dan sedang ada proses penambahan dua Menara di atas atap nya.

Masjid ini juga di ramaikan oleh aktivitas remaja masjidnya yang dinamai dengan nama yang cukup menarik, WASILAH namanya, singkatan dari Wadah Silaturahmi Dan Kreatifitas Generasi Islam Assa’adah. Sedangkan di seberang masjid ini sudah berdiri megah komplek sekolah Islam yang bernama sama dengan masjid ini dibawah pengelolaan Yayasan Perguruan Islam Assa’adah (Yapisa) yang menyelenggarakan pendidikan untuk Raaudatul Athfal (RA) atau Taman Kanak Kanak (TK) dan Madrasah Iftidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar (SD).***

Gmaps


Street view


Foto Exterior & Interior Masjid Jami’ Assa’adah

Jendela Lebar dan ventilasi masjid dari arah luar 
Ventilasi masjid dilihat dari sebelah dalam di lantai dua. Memberikan efek terang tanpa silau dan pasokan udara segar ke dalam masjid.
Salah satu jendela besar di lantai dua tepat dibagian atas beranda masjid
Dari sisi yang lain, tampak bangunan menara yang sedang dalam proses pengerjaan, dan jendela lebar di atas beranda yang bila dilihat dari bagian dalam tampak seperti foto sebelumnya.
Bersiap untuk sholat Jum'at
Seperti rata rata masjid di Indonesia lainnya, ba'da sholat Jum'at beberapa jamaah menyempatkan diri ngaso sementara yang lainnya melanjutkan keskhusu'an.
Sesaat setelah sholat Jum'at usai
Pintu utama masjid jami' Assa'adah dengan salah satu dari dua tangga akses ke lantai dua.

----------ooo000ooo----------

Baca Juga Masjid Masjid di Cikarang Barat Lainnya