Rabu, 13 Januari 2016

Islamic Center Menggala, Tulang Bawang, Lampung

#Masjid Masjid di Jalan Lintas Sumatera
Masyarakat setempat lebih familiar dengan sebutan Islamic Center terhadap masjid ini dibandingkan menyebutnya Masjid Agung Baiturrahman, padahal kedua nama tersebut sama sama nama resmi bangunan ini.

Nama resmi nya adalah Masjid Agung Baiturrahman dan Islamic Center Menggala, Kabupaten Tulang Bawang propinsi Lampung. Kabupaten Tulang Bawang beribukota di Kota kecamatan Menggala, itu sebabnya Masjid dan Islamic Center ini diberi nama Islamic Center Menggala.

Masyarakat setempat menyebut Masjid ini dengan nama Islamic center, bukan Masjid Agung, karena (mungkin) nama masjid agung sudah terlanjur melekat kepada masjid agung Kibang yang merupakan masjid tertua di Menggala, Tulang Bawang dan sekaligus tertua di Propinsi Lampung.

Sebatang menara lancip dan ujung atap limas bangunan utama masjid ini terlihat diantara rumah penduduk.
Sebagai Islamic center Kabupaten, Masjid Baiturrahman dibangun di kawasan pusat pemerintahan kabupaten Tulang Bawang. Berseberangan dengan kantor DPRD, Gedung Kesenian RA Kartini, Lapangan Tenis Indor Tulangbawang, Badang Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah. Namun Kantor Bupati Tulang Bawang dan kantor kantor dinas kabupaten tidak dibangun di lokasi ini.

Komplek Masjid Agung Baiturrahman dan Islamic Center Menggala ini dibangun tahun 2003 yang lalu pada masa pemerintahan Bupati Abdurchman Sarbini. Salah satu bagian atap masjid ini sempat ambruk di bulan oktober tahun 2015 lalu bersamaan dengan proses renovasi kubah oleh dinas PU setempat. Menurut pejabat setempat peristiwa tersebut tidak berhubungan dengan proses renovasi kubah namun di duga sebagai akibat dari kotoran kelelawar yang menumpuk sehingga mengakibatkan korosi pada konstruksi atap.

dari arah depan, yang bewarna merah itu adalah jejeran anak tangga penghubung ruang sholat utama di lantai dua dengan pelataran luas di depan masjid.
Masjid Agung Baiturrahman ini dibangun berlantai dua, lantai dasar digunakan untuk fungsi fungsi umum termasuk untuk acara pelepasan dan penyambutan Jemaah haji dari kabupaten Tulang Bawang. Ruang sholat utama Masjid ini ada di lantai dua melalui tangga akses dari area lobi masjid. ruang sholatnya luas dan cukup nyaman.

Bangunan masjid nya cukup unik, dengan perpaduan berbagai seni arsitektur. secara keseluruhan ada sedikit warna bangunan masjid masjid di wilayah Kazan – Rusia. Bila anda masih ingat bangunan lama masjid agung Bandung sebelum di rombak dan berganti nama menjadi Majid Raya Jawa Barat, ada satu kemiripan dengan masjid ini yakni adanya bangunan tangga lebar yang menghubungkan ruang sholat masjid di lantai dua langsung dengan pelataran alun alun di depan masjid, sedangkan dibawahnya ada ruas jalan dan area lobi.

Dari arah pintu masuk
Saat singgah ke masjid ini, sholat asyar berjamaah sudah berlalu, suasana sepi dan hening, tak ada petugas keamanan atau petugas parkir yang ada justru beberapa anak anak bujang kecik yang sukarela menjaga alas kaki dan kendaraan yang kami pakai, parkir sendirian di depan area lobi masjid ini. Lumayanlah ada satuan pengamanan cilik bertarif se-ridho-nya.

Alamat Islamic Center Menggala

Masjid Agung Baiturrahman dan Islamic Center Menggala
Jalan Lintas Sumatera, Ujung Gunung, Kecamatan Menggala
Kabupaten Tulangbawang, Propinsi Lampung 34611
Koordinat: 4.489585, 105.248600

Gmaps Islamic Center Menggala


Street View Islamic Center Menggala


- - - - - - - - ooo000ooo - - - - - - - -

Masjid Masjid di Jalur Lintas Sumatera Lain nya

#Masjid di jalan lintas timur Sumatera

#Masjid di jalan lintas tengah Sumatera